Parenting

Perkembangan Kepribadian Balita yang Wajib Diperhatikan

By  | 

Perkembangan pertumbuhan anak pasti menjadi concern utama bagi Anda ya, Mamas. Pada masa 5 tahun pertama, pertumbuhan fisik maupun psikis Si Kecil akan berkembang pesat. Menurut psikolog Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPed, ada beberapa tahapan tumbuh kembang usia balita yang wajib untuk Anda perhatikan, terutama mengenai perkembangan personality atau kepribadiannya. Berikut bentuk stimulasi yang sebaiknya mulai Anda perkenalkan sesuai rentang usianya:

1. 0-1 tahun: Anak – anak harus mendapatkan hal yang mereka ‘butuhkan’, bukan apa yang mereka ‘inginkan’. Jika konsep ini berhasil dijalankan, maka anak akan menjadi pribadi yang percaya pada dunia dan positif.
2. 1-3 tahun: Anak harus belajar mandiri. Mereka sebaiknya mulai dilatih untuk melakukan segala sesuatunya sendiri, melalui contoh yang diberikan kepada mereka. Jika konsep ini berhasil dijalankan, maka mereka akan tumbuh menjadi anak yang merasa mampu untuk melakukan sesuatu.
3. 4-5 tahun: Di usia ini, anak sedang belajar memilih dan menerima risiko. Mamas bisa mulai melatih ketrampilan kepribadiannya melalui contoh – contoh kejadian yang ada di sekitar kita, misalnya menunjukkan risiko tidak mematuhi aturan. Jika hal ini berhasil diajarkan, maka mereka akan tumbuh menjadi anak yang berinisiatif.

So, Mamas.. jangan takut untuk mengajarkan konsep risiko dan kemandirian, ya. Perhatikan rentang usia dan amati respon mereka untuk membentuk kepribadian mereka demi masa depan yang lebih baik. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares