Mind

5 Cara Libatkan Pasangan dalam Kehamilan Anda

By  | 

Mamas to be, kehamilan memang membuat Anda super excited dan fokus terhadap perkembangan janin dalam kandunga. Namun terkadang perhatian Anda jadi tersita penuh pada Si Kecil dan melupakan hal lain termasuk pasangan. Padahal Si Kecil kan milik kalian berdua ya, Mams, bukan hanya milik Anda sendiri. Maka dari itu, yuk libatkan pasangan dalam kehamilan Anda dengan lima cara berikut.

  1. Ciptakan ritual. Hal ini sangat penting lho untuk dilakukan agar pasangan juga merasakan adanya bonding khusus dengan Anda maupun Si Kecil. Misalnya, biasakan ia untuk mengajak Si Kecil berbicara setiap pagi dan mencium perut Anda sebelum ia pergi beraktivitas. Konon kebiasaan ini juga akan membuat Si Kecil terbiasan dengan kehadiran Sang Papa.
  2. Libatkan Si Dia dalam perayaan. Saat hamil, ada beberapa perayaan yang lazim dilakukan oleh Anda, misalnya perayaan empat bulanan, juga tujuh bulanan atau sering dikenal dengan acara baby shower. Nah, meski ada peraturan tak tertulis bahwa pesta baby shower khusus untuk wanita saja, sesekali yuk buat sesuatu yang unik dengan mengundang teman pria ke pesta baby shower Anda. Dengan begitu, pasangan Anda akan merasa terlibat dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan Si Kecil.
  3. Kelas senam hamil. Si Dia memang perlu tahu lho seluk beluk proses persalinan, termasuk teknik pernapasan guna memperlancar proses tersebut. Oleh karena itu, ajak pasangan untuk mendampingi Anda di kelas senam hamil. Nantinya, ia bertugas untuk mengingatkan Anda seputar teknik pernapasan yang tepat kala proses persalinan berlangsung.
  4. Desain kamar bayi bersama. Memang sih, wanita lebih suka berurusan dengan hal-hal yang detail, namun bukan berarti suami Anda tidak bisa dimintai pendapat seputar desain kamar bayi lho. Diskusikan berdua apa tema, serta desain kamar untuk Si Kecil, selain ia merasa terlibat, Anda akan terkagum-kagum dengan ide briliannya yang tidak terpikirkan sebelumnya oleh Anda.
  5. Date night. Jika Anda berdua tetap kompak dan romantis, otomatis pasangan juga akan merasa terlibat dengan kehadiran Si Kecil. Yuk ajak Si Dia untuk menyaksikan film terbaru atau makan malam romantis sambil membicarakan masa depan keluarga kecil Anda dengannya. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares