Relationship

Cara Memenangkan Hati Ibu Mertua

By  | 

Mungkin salah satu ketakutan yang ada di dalam diri Anda setelah menikah adalah tidak bisa akur dengan ibu mertua. Tapi, tenang Mams, ada banyak cara yang bisa membuat hubungan Anda berdua kian harmonis.

Walau rasa takut tersebut kadang tidak beralasan, tapi memang ada sebagian ibu merasa takut perhatian dari anak lelakinya akan berkurang setelah menikah. Tak heran jika sebagian ibu mertua seolah-olah bersaing dengan menantu perempuannya. Berikut tip agar Anda bisa ‘mengambil’ hati mertua.

  1. Bersahabat dengan diri sendiri.  Tetaplah jadi sosok yang menyenangkan dan sopan terhadap mertua Anda, terlepas dari apa yang mereka pikirkan tentang Anda. Jangan mudah terpancing emosi. Ingat, masalahnya terletak pada ibu dan bukan Anda.
  2. Tetap tenang menghadapi masalah. Sekalipun mulai merasa kesal dengan ibu mertua Anda, jangan pernah menunjukkan atau mengatakan sesuatu yang negatif tentang ibu mertua Anda. Bagaimanapun juga, dia adalah ibu dari suami Anda.
  3. Jaga Komunikasi. Jika hubungan Anda masih kurang baik, jangan terlalu sering mengajak ibu mertua Anda pergi bersama hanya untuk sekadar menyenangkannya. Ini bisa menjadi bumerang untuk Anda sendiri. Sebaiknya, jagalah komunikasi Anda terlebih dahulu hingga benar-benar baik.
  4. Hilangkan ego. Jangan biarkan ego Anda jadi terlalu tinggi. Dalam keadaan seperti ini, benturan ego adalah hal yang paling buruk. Sebaiknya tetaplah berpikir positif dan lebih banyak mengalah ya, Mams.
  5. Berkomukasi dengan suami. Bicarakan keadaan yang sebenarnya pada suami apa yang sebaiknya harus dilakukan saat menghadapi ibu mertua. Biar bagaimanapun suami lebih mengerti karakter ibunya dan bagaimana harus bersikap di depannya. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares