Mind

5 Trik Sukses Bersosialisasi

By  | 

Diciptakan sebagai makhluk sosial, kita tak akan bisa hidup tanpa orang lain, sehingga bersosialisasi menjadi hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan. Walau begitu, bersosialisasi pun ada trik dan aturannya lho, Mamas. Terlebih setiap orang yang Anda hadapi memiliki karakter yang berbeda dengan Anda. Lalu bagaima sih trik agar dapat bersosialisasi dengan orang lain? Simak di artikel berikut ini.

  1. Lebih membuka diri. Sebagai makhluk sosial, Anda tentunya membutuhkan bantuan dan juga kehadiran orang lain. Jangan menutup diri dari apa yang terjadi di sekitar Anda. Jadilah lebih sensitif. Suatu saat, bila Anda dilanda masalah, Anda mungkin akan membutuhkan bantuan dari orang-orang terdekat yang mungkin tak Anda duga sebelumnya.
  2. Menjaga ucapan. Ada beberapa tipe pembawaan manusia, satu diantaranya adalah Si Blak-blakan. Mungkin maksud Anda hanya ingin berkata jujur. Namun  jangan sampai maksud Anda ini membuat Anda jadi menerima julukan yang tak mengenakkan dan dijauhi. Jadi, sebaiknya pikirkan dahulu mengenai apa yang akan orang lain rasakan sebelum Anda mengatakan hal tersebut. Jangan sampai Anda melukai hati orang lain.
  3. Perluas wawasan. Jangan sampai obrolan Anda selalu berisi gosip. Selain tak ada untungnya, wawasan Anda pun jadi tak akan berkembang di luar ‘dunia pergosipan’. Lebih baik perluas wawasan Anda dengan membaca berita dan mencari tahu apa yang sedang terjadi di sekitar Anda saat ini. Dengan begitu, akan terasa lebih mudah bagi Anda untuk mengikuti perbincangan yang tengah hangat dibicarakan.
  4. Aktif berkegiatan. Tak hanya rajin bertegur sapa saja dengan orang-orang sekitar, sebaiknya Anda juga turut berpartisipasi dengan kegiatan-kegiatan yang ada di sekitar lingkup hidup Anda. Aktif dalam kegiatan-kegiatan tersebut nantinya akan memberi banyak keuntungan, misalnya, siapa tahu suatu saat nanti Anda membutuhkan bantuan seseorang, akan lebih mudah meminta bantuan jika Anda mengenal orang tersebut sebelumnya.
  5. Bijak memilih teman. Menurut  penelitian, dengan siapapun Anda bersahabat, sedikit banyak  Anda akan bertingkah laku mirip seperti teman lainnya, yang sering menghabiskan waktu dengan Anda. Jadi, pilah dan pilih teman-teman Anda dengan bijak. Batasi diri Anda dari orang-orang yang dapat memberikan efek negatif, dan habiskan waktu Anda lebih banyak dengan mereka yang memberikan efek positif serta rasa bahagia. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares