Health

Manfaat Yogurt & Resep Olahannya

By  | 
Mengawali hari dengan sarapan sehat adalah salah satu kunci produktivitas. Salah satu alternatif menu yang bisa Anda coba adalah yogurt, Mamas. Produk olahan susu yang ditemukan sejak abad ke 2M di daratan Eropa ini mengandung 2 jenis bakteri baik yang aktif berkembang biak di dalamnya, yakni lactobacillus bulgaricus dan strepcococcus thermophilus. Kedua bakteri ini secara umum dipercaya dapat menjaga kesehatan usus. Dalam satu gram yogurt mengandung sekitar 1 juta bakteri lactobacillus yang memproduksi vitamin B kompleks dan vitamin K, membuatnya menjadi menu yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Cari tahu informasi kandungan dan manfaatnya untuk tubuh kita, yuk!

Kandungan Yogurt
Selain mengandung vitamin A, B, C & K, dalam 100 gram yogurt mengandung:
1. 4 gr karbodhirat.
2. 120 miligram kalsium.
3. 52 kilokalori.
4. 3,3 gram protein.
5. 2,5 gram lemak.
Manfaat Yogurt
1. Kandungan kalsiumnya sangat baik untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.
2. Kandungan Asam laktat di dalamnya dapat menghilangkan sel kulit mati dan menghaluskan kulit tubuh.
3. Kandungan bakteri baiknya merangsang pembentukan sel darah putih yang dapat melawan bakteri jahat dalam tubuh, serta mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu, menurut penelitian yang diterbitkan oleh US News, kandungan protein yang terdapat dalam yogurt berfungsi untuk menahan rasa lapar lebih lama dan baik untuk konsep diet sehat. So, yes yoghurt can help you lose belly fat, Mamas. 

Resep Olahan Yogurt
1. Overnight oats
Campurkan oats, susu segar, yogurt, dan tambahan topping buah – buahan favorit ke dalam mason jar atau botol kaca dan diamkan di dalam kulkas selama satu malam untuk dikonsumsi keesokan paginya.

2. Froyo / Frozen yogurt
Haluskan dan campur buah – buahan beku, madu, plain yogurt, lalu tetesan jeruk nipis hingga berubah tekstur menjadi lebih creamy. Simpan di dalam freezer hingga membeku seperti es dan nikmati selagi dingin.
3. Salad yogurt
Campurkan buah – buahan potong, misalnya kiwi, strawberry, anggur, melon, semangka atau apel, serta plain yogurt ke dalam mangkuk. Dinginkan selama 20 menit dan siap untuk dinikmati.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi yogurt adalah sebelum makan. Karena di saat itulah sistem pencernaan kita teraktivasi oleh probiotik atau bakteri di dalamnya yang akan membuat penyerapan nutrisi menjadi semakin baik. Start with small servings will be good, Mamas. Stay healthy! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)
 

Shares