Health

Hamil Saat Gunakan IUD, Mungkinkah?

By  | 

Tujuan Anda menggunakan IUD atau sering dikenal dengan nama spiral tentu saja untuk mencegah kehamilan atas berbagai alasan. Biasanya para mamas menggunakan alat kontrasepsi yang satu ini untuk menunda kehamilan anak selanjutnya. Namun ternyata beberapa mamas tetap mengalami kehamilan meskipun menggunakan alat kontrasepsi jenis ini. Mengapa demikian?

Menurut ahli kandungan dari Ft. Lauderdale, Lanale Araba Sam, MD, pada dasarnya IUD adalah alat kontrasepsi yang paling aman dan jarang mengalami kegagalan dalam menjaga agar seorang wanita tidak hamil. Namun demikian tidak ada satupun alat kontrasepsi yang dapat menjamin dapat mencegah kehamilan hingga 100%. Dan untuk IUD sendiri efektifitasnya adalah sekitar 99,7%. Oleh karena itu jarang sekali terjadi kehamilan saat menggunakannya. Namun demikian kemungkinan untuk hamil selalu ada.

Gejala Kehamilan Saat Menggunakan IUD
Gejala yang Anda alami kurang lebih sama dengan gejala kehamilan pada umumnya. Maka dari itu jika gejala tersebut menghampiri Anda, segera lalukan pemeriksaan kehamilan, meski Anda menggunakan IUD. Pasalnya, kehamilan saat memakai IUD memiliki beberapa risiko yang cukup berbahaya bagi Anda dan janin sehingga lebih cepat diketahui akan lebih baik. Dan sebaiknya, Anda melakukan pemeriksaan langsung pada ahli medis bukan menggunakan test pack.

Risiko Kehamilan dengan IUD
Sayangnya kehamilan saat menggunakan IUD memiliki beberapa risiko, diantaranya adalah keguguran. Berdasarkan penelitian, 50% dari kehamilan dengan IUD mengalami keguguran. Kehamilan dengan IUD juga berisiko mengalami kehamilan di luar kandungan. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares