Health

5 Pilihan Makanan Agar Gigi Si Kecil Kuat

By  | 

Rajin sikat gigi saja tidak cukup untuk menjaga agar gigi Si Kecil sehat dan kuat. Balita yang memiliki gangguan pertumbuhan atau kerusakan gigi, akan mengalami hambatan, karena tanpa gigi yang sehat mereka tidak bisa mengunyah makanan dengan sempurna.

Berikut adalah pilihan makanan agar gigi Si Kecil kuat dan sehat.

1. Gandum
Berikan jenis gandum utuh seperti, oatmeal, roti gandum, sereal, atau havermut yang sangat baik untuk kesehatan gigi. Gandum utuh lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan dengan gandum olahan seperti mie, pasta, biskuit dan produk roti karena mengandung karbohidrat yang difermentasikan sehingga menjadi penyebab utama pembentukan asam dalam rongga mulut.

2. Apel.
Buah apel yang diberikan dalam bentuk potongan segar setelah makan jauh lebih baik daripada kue-kue manis. Selain mengadung vitamin, buah apel dapat membantu menjaga kebersihan gigi dan kesehatan gusi. Daging buah apel yang bertekstur akan berperan seperti sikat gigi saat dimakan. Berikan buah apel sebagai camilan diantara waktu makan Si Kecil.

3. Keju.
Bahan hasil olahan susu ini terkenal akan kandungan unsur kalsiumnya yang tinggi. Kalsium diperlukan tubuh diantaranya untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Selain itu kandungan fosfat didalam keju membantu menyeimbangkan kadar keasaman mulut Si Kecil sehingga dapat menghambat resiko pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Keju khususnya jenis chedar dapat disajikan secara langsung sebagai camilan atau dikombinasikan dengan makanan lainya.

4.Perbanyak minum air putih
Minuman seperti jus, soda, bahkan susu kemasan kini banyak dibuat dengan kandungan gula dalam jumlah yang besar. Mengonsumsi makanan dengan kandungan gula berlebih tentu akan membuat kerusakan gigi. Batasi pemberian minuman manis pada Si Kecil dan biasakan untuk mengonsumsi air putih secara rutin. Khasiat air putih bukan hanya untuk tubuh saja, tetapi juga baik untuk melarutkan bakteri berbahaya di dalam mulut.

5. Makanan kaya protein
Sumber makanan kaya protein seperti daging, kacang-kacangan, ayam, dan ikan sangat baik untuk memperkuat lapisan enamel gigi Si Kecil. Jadikan kacang sebagai camilannya agar gigi anak semakin sehat dan antikeropos. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares