Health

Kenapa Asam Folat Penting Bagi Ibu Hamil?

By  | 

Calon mama selalu disarankan oleh dokter kandungan untuk mengonsumsi asam folat sejak awal kehamilannya. Namun tahukah Anda, mengapa asam folat ini begitu penting untuk dikonsumsi oleh calon mama? Ketahui lebih lanjut tentang asam folat di artikel ini.

Apa itu Asam Folat?
Asam folat merupakan vitamin B9 yang larut dalam air. Asam folat ini diperlukan oleh tubuh karena sifatnya yang multifungsi, dari memproduksi DNA hingga membentuk sel darah merah. Dan sebenarnya, tak hanya penting bagi janin di dalam kandungan, asam folat ini juga memiliki manfaat kesehatan bagi orang dewasa.

Apa Saja Fungsi Asam Folat
Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh tubuh jika asam folat tercukupi:

  • Bagi ibu hamil, proses pembentukan sel-sel tubuh sekaligus sel pembawa kode genetik dapat berjalan dengan baik. Asam folat juga berperan dalam membantu pembelahan dan pertumbuhan sel dalam tubuh.
  • Tak hanya itu, asam folat juga akan membuat Si Calon Mama terhindar dari anemia. Fungsi asam folat sendiri adalah membentuk sel darah merah. Dan tanpa asam folat yang cukup, maka produksi sel darah merah akan selalu di bawah normal sehingga Anda mudah mengidap anemia.
  • Pada bayi, pemenuhan kebutuhan asam folat yang cukup diharapkan dapat mencegah bayi terlahir cacat. Pembentukan saraf pusat janin sudah terjadi sejak awal janin terbentuk dalam kandungan, dan peran asam folat disini sangat penting untuk mencegah terjadinya kecacatan pada otak (anensefali) ataupun gangguan susunan saraf pusat (spina bifida). Selain itu, asam folat juga turut berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA serta fondasi sel-sel tubuh yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.

Beberapa hal di atas itulah yang menjadi alasan mengapa ibu hamil sangat penting memenuhi kebutuhan asam folat bagi tubuhnya. Selain untuk menjaga kesehatan dirinya, asam folat juga dapat menghindari risiko bayi terlahir dalam keadaan cacat.

Bagaimana Mencukupi Asam Folat?
Agar kebutuhan tubuh akan asam folat tercukupi, jangan terpaku hanya pada satu sumber. Sebenarnya pemenuhan kebutuhan asam folat bagi tubuh ini tak hanya bisa Anda dapatkan dari suplemen lho, Mams to be. Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat juga bisa Anda lakukan. Anda juga tak pelu khawatir bila Konsumsi asam folat dalam tubuh berlebihan, karena secara otomatis akan segera dikeluarkan oleh tubuh melalui urine.

Kebutuhan akan asam folat sendiri bervariasi bagi tiap individu, bergantung pada usia, kehamilan dan penyakit yang mungkin dialami oleh calon mama. Namun umumnya kebutuhan asam folat bagi calon mama adalah sebesar 400 mg (mikrogram)/hari selama kehamilan. Penambahan konsumsi asam folat sebesar 4 miligram (mg) setiap hari (atau 10 kali lipat kebutuhan normal) diharuskan bagi ibu hamil yang sebelumnya memiliki riwayat melahirkan bayi yang menderita anencephalus atau spina bifida.

Makanan Kaya Asam Folat
Anda juga bisa memenuhi kebutuhan asam folat dari beberapa makanan berikut ini:
– Sayur-sayuran berwarna hijau, seperti brokoli, selada, asparagus, kentang, jagung dan bayam.
– Kacang-kacangan, seperti kacang polong.
– Buah-buahan, misalnya lemon, melon, dan pisang, alpukat, pepaya, jeruk, stroberi dan raspberi.
– Makanan yang telah diperkaya oleh folat, seperti jus, roti, dan sereal.
– Hati sapi.

Bila Anda merasa kebutuhan asam folat dalam tubuh belum terpenuhi, Anda bisa mengonsultasikan hal ini pada dokter kandungan Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bagaimana memenuhi kebutuhan asam folat ini. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares