Finance

Cara Bijak Menggunakan Kartu Debit

By  | 

Mamas, tahukah Anda bahwa hasil Survey MarkPlus Insight bertajuk Women Monitoring 2015 yang melibatkan 5.728 koresponden di 18 kota di Indonesia mengungkapkan bahwa 84% diantaranya lebih sering bertransaksi dengan memanfaatkan kartu debit dan melakukan pembayaran melalui bank transfer? Dibandingkan kartu kredit, cara pembayaran ini memang lebih minim risiko biaya tambahan, karena sifatnya yang real menggunakan uang yang telah dimiliki dalam rekening tabungan. Tetapi penting untuk selalu diingat agar menggunakan cara ini dengan bertanggung jawab. Here’s how to use your debit card safely:

1. Selalu tahu posisi saldo. Cek informasi rekening tabungan secara berkala. Jangan lupakan cek yang belum dikeluarkan dari tabungan ya, Mamas. Manfaatkan juga fasilitas perbankan online yang memungkinkan pengaturan pembelanjaan dengan kartu debit, cek dan pembayaran tagihan secara bersamaan. Dengan cara ini, Anda akan memiliki satu pintu untuk mengelola pengeluaran dan pemasukan pada rekening agar lebih mudah melakukan pengawasan.

2. Biaya penggunaan kartu debit yang berbeda. Banyak bank akan membebankan biaya jika Anda menggunakan kartu debit lain. Daripada membayar lebih, untuk pembelanjaan darurat, ada baiknya Anda menyiapkan penarikan uang tunai dalam jumlah tertentu.

3. Rencanakan perjalanan. Kartu debit diterima di berbagai lokasi di seluruh dunia. Tetapi perlu diingat bahwa transaksi di luar aktivitas normal atau kebiasaan akan menimbulkan peringatan keamanan lintas negara. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya  menginformasikan rencana perjalanan sebelum bepergian kepada bank Anda.

4. Hancurkan kartu kadaluarsa. Jika Anda menerima kartu debit baru, segera hancurkan kartu lama Anda ya, Mamas. Kartu baru mungkin memiliki tanggal kadaluarasa dan kode keamanan baru, tetapi nomor kartu biasanya akan tetap sama.

Karena pembelanjaan kartu debit yang terikat dengan rekening dan regulasi bank, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan personal bankers saat menemukan kesulitan memanfaatkan cara ini ya, Mamas! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares