Health

Cara Mudah Mengenal Kesehatan Diri

By  | 

Seringkali saat berada dalam kondisi tidak sehat, Anda tidak menyadari bahwa tubuh telah memberikan alarm  atau tanda peringatan gangguan kesehatan. Padahal, beberapa jenis penyakit seperti gangguan jantung dan metabolisme tubuh dapat segera dikenali, lho! Lakukan pemeriksaan berikut pada tubuh Anda sekarang:

1. Kerontokan rambut

Perhatikan jika kerontokan rambut yang Anda alami mencapai lebih dari 200 helai rambut per hari ya, Mamas. Gejala ini menunjukkan defisiensi zinc dan zat besi yang dapat memperlambat proses metabolisme dalam tubuh.

Cara mengatasinya: Dalam keadaan normal / sehat, jumlah kandungan zinc yang disarankan untuk wanita dewasa adalah 12g per hari. Dapat dipenuhi dari konsumsi daging sapi, hati, kerang dan kepiting yang tinggi akan kandungan zinc.

2. Warna kuku

Warna biru pada pangkal kuku adalah tanda kurang lancarnya sirkulasi darah dan gejala penyakit jantung. Sirkulasi darah yang memburuk akan menjadikan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit dan daya imunitas menjadi lemah pula.

Cara mengatasinya: Lakukan olahraga rutin selama 30 menit dalam sehari, selama 3-4 kali dalam seminggu, kurangi konsumsi makanan berlemak yang dapat menimbun kolesterol dalam tubuh. Perbanyak konsumsi sayur hijau, smoothies, atau jus buah.

3. Air seni

* Warna kuning gelap: Tanda tubuh mengalami dehidrasi.
* Warna kemerahan: Tanda ginjal atau saluran pembuangan di dalam tubuh mengalami cedera.
* Warna cokelat gelap: Tanda tubuh menunjukkan adanya gangguan fungsi hati.
Risiko penyakit hati dapat disebabkan karena adanya virus dan bakteri yang berasal dari berbagai sumber, termasuk obat – obatan kimia dan sumber makanan yang kita konsumsi.

Cara mengatasinya: Konsumsi air mineral minimal 8 gelas per hari, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh terutama sebelum makan, dan lakukan detoks untuk meluruhkan racun – racun dari dalam tubuh. Campuran jeruk nipis, madu, dan air hangat akan membantu.

Healthy Mama, healthy family. Yuk, lebih peduli pada kondisi kesehatan dan ciptakan gaya hidup sehat dalam keluarga, Mamas! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

 

Shares