Health

Mengenal Lebih Jauh Tendangan Bayi dalam Kandungan

By  | 

Yes Mamas to be, memasuki usia kandungan 18-21 Minggu, janin dalam kandungan Anda sudah mulai terasa bergerak. Selain excited, tentu Anda penasaran apa sih yang ia lakukan di dalam sana? Dan apakah gerakan atau tendangan yang ia lakukan memiliki makna tertentu? Smart Mama mencoba menjawab segala pertanyaan Anda seputar tendangan Si Kecil. Yuk simak, Mams!

Kapan Bayi Mulai Menendang?
Bayi mulai bergerak dan menendang sejak awal kehamilan. Namun biasanya di usia ini ukuran janin masih sangat kecil sehingga gerakan yang ia lakukan tidak terasa bagi Anda. Anda dapat meminta dokter kandungan untuk memantau gerakannya saat cek rutin.

Kapan Anda Mulai Merasakan Gerakan Si Kecil?
Menurut ahli kandungan asal Washington, Jennifer Kelley, MD, kebanyakan wanita hamil dapat merasakan gerakan bayi dalam kandungannya pada saat usia kehamilannya menginjak 20 minggu. Namun jangan khawatir jika di usai tersebut Anda belum merasakannya. Beberapa calon mama baru merasakan tendangan beberapa minggu setelahnya.

Seperti Apakah Rasanya?
Pada umumnya, saat janin bergerak akan terasa seperti gelombang atau terkadang perut Anda bergejolak seperti masuk angin. Dan yang paling terasa adalah saat ia menendang.

Apa Sebenarnya yang Dilakukan Si Kecil Di Dalam Sana?
Biasanya Si Kecil melakukan peregangan tangan dan kaki. Sejak usia kehamilan 11 minggu ia juga sudah dapat mengalami cegukan, tetapi Anda baru dapat merasakannya di usia kehamilan lebih lanjut. Si Kecil juga dapat memutar tubuhnya hingga 180 derajat, apalagi saat ia sedang mencari jalan lahir.

Berapa Kali Dalam Sehari Si Kecil Terasa Bergerak?
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di awal kehamilan Anda tidak akan merasakan gerakannya. Namun menginjak trimester tiga gerakan Si Kecil yang Anda rasakan akan mulai rutin. Beberapa penelitian mengatakan bahwa calon mama akan merasakan gerakan janin dalam kandungan sekitar 10 kali dalam sehari.

Kapan Harus Menghubungi Dokter?
Bergerak atau menendang merupakan pertanda Si Kecil tumbuh normal. Nah jika suatu hari Anda merasa ia tidak bergerak selincah biasanya, sebaiknya Anda berbaring dengan tenang kemudian konsentrasi untuk merasakan gerakan Si Bayi. Jika ia merespon atau Anda merasakan gerakan sedikit, berarti ia baik-baik saja. Namun jika Anda tidak merasakan apapun, segera hubungi dokter kandungan Anda ya, Mams. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares