Mind

Memanjakan Diri Kala Hamil: Aman Vs Tidak Aman

By  | 

Mamas to be, kala hamil wajar saja jika Anda ingin memanjakan sekaligus merawat diri agar tubuh terasa lebih nyaman sekaligus relaksasi. Namun hati-hati ya, Mams, cari tahu apakah yang Anda lakukan dalam rangka memanjakan kehamilan tersebut aman atau tidak. Yuk simak kegiatan apa yang aman dan yang tidak bagi kehamilan Anda.

Yang Aman:

  1. Pijat. Meski banyak yang bilang perawatan yang satu ini dapat berbahaya untuk janin, nyatanya pijat kala hamil justru kaya manfaat antara lain, membuat Anda lebih relaks, serta memperlancar sirkulasi darah. Namun pastikan Anda memilih terapis yang berpengalaman dalam menangani wanita hamil. Aktivitas ini dapat Anda lakukan sejak trimester pertama hingga akhir.
  2. Manicure-pedicure. Kala hamil, tentu saja Anda ingin tetap tampil maksimal, termasuk urusan kuku, baik kuku kaki maupun tangan. Aktivitas yang satu ini juga relatif aman bagin janin, asalkan Anda menggunakan tools yang higienis.
  3. Facial. Perawatan wajah yang satu ini juga cukup aman untuk dilakukan kala hamil, namun hindari peeling juga microdermabrasion. Minta terapis Anda untuk melakukan perawatan seperti biasa, tetapi lewatkan kedua perawatan tersebut ya, Mams. Pasalnya, saat hamil kulit Anda lebih sensitif sehingga toleransi terhadap rasa perih dan sakit lebih rendah.
  4. Waxing. Yang satu ini juga aman lho, Mams, termasuk brazillian wax. Namun lakukan hal tersebut di trimester satu dan dua. Di trimester akhir, biasanya kadar sensitivitas terhadap rasa sakit sangat tinggi sehingga akan terasa lebih sakit.

Yang Tidak Aman

  1. Berjemur di pantai. Mengapa tidak aman? Kala hamil, secara natural kulit Anda akan berubah warna, nah berjemur akan membuat kulit Anda semakin gelap dan tidak sama dengan warna kulit di bagian tubuh yang lain. Selain itu, terlalu lama berpanas-panasan akan membuat Anda dehidrasi, oleh sebab itu hindari hal ini selama Anda hamil.
  2. Perawatan pemutihan gigi. Ada baiknya perawatan yang satu ini Anda lakukan setelah Si Kecil dilahirkan. Pasalnya, kala hamil gusi Anda akan jauh lebih sensitif sehingga memicu pendarahan di area tersebut. Selain itu, zat pemutih juga berisiko menyebabkan iritasi.
  3. Hot tubs dan Sauna. Memang sih kala hamil Anda mendambakan suhu yang hangat, namun ternyata suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan cacat pada janin. Sebagai gantinya, Anda cukup berendam di bathtub dengan air bersuhu hangat dan durasi yang tidak terlalu lama. Enjoy your pregnancy, Mamas! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares