Health

Bakar Kalori dengan Body Pump

By  | 

Mamas, Anda tentu sudah sering mendengar istilah body pump, ya? Kabarnya, jenis olahraga yang bisa ditemui di pusat kebugaran terdekat ini dapat membakar kalori terbanyak dalam satu sesi latihan saja. Untuk Anda yang sedang berkonsentrasi menurunkan berat badan, jenis olahraga ini bisa jadi pilihan. Berikut informasinya:

Apa itu Body Pump?
Merupakan jenis olahraga yang menggunakan alat beban untuk melatih ketahanan tubuh sekaligus mengikuti irama musik. Dalam bahasa sederhana, body pump merupakan gabungan antara olahraga aerobik & angkat beban. Koreografi body pump awalnya diperkenalkan oleh Les Mills di Australia sejak tahun 1991 dan dikenal oleh seluruh warga dunia hingga saat ini.

Bagaimana Bentuk Latihannya?
Dalam durasi 60 menit, umumnya body pump terbagi dalam 10 bagian gerakan terpisah termasuk pemanasan, latihan inti dan peregangan. Gerakan latihannya  memiliki fokus tertentu, yakni melatih kaki, dada, punggung, otot tangan belakang, otot tangan depan, bokong, paha, bahu, serta perut yang dilakukan dengan mengangkat beban sekaligus langkah aerobik. Pilihan bobot beban yang disarankan berkisar antara 1 kg Р5 kg sesuai latihan dan tujuan pribadi Anda.

Keunggulan Body Pump
Jenis olahraga ini mampu membakar hingga 700 kalori dalam satu kali sesi latihan. Body pump juga dianggap sebagai cara yang lebih menyenangkan untuk berlatih beban karena gerakannya diiringi dengan musik dan langkah aerobik yang dinamis.

Apa Manfaat Body Pump untuk Tubuh?
Latihan ini memungkinkan seluruh bagian tubuh untuk bergerak. Jika dilakukan secara rutin, dapat meningkatkan massa otot sekaligus menurunkan berat badan.

Do & Donts Sebelum Latihan 
1. Hindari menghadiri kelas dua hari berturut – turut. Biarkan otot – otot tubuh Anda memiliki waktu istirahat untuk pemulihan. Mamas disarankan untuk mengatur jadwal latihan 2-3 kali dalam seminggu.

2. Untuk pemula, mulailah latihan dengan berat beban paling rendah, karena otot Anda beradaptasi lebih lambat. Instruktur akan memberikan pengarahan tentang beban yang dapat digunakan pada kelas pertama Anda.

3. Datang sebelum kelas lebih awal untuk mendengarkan penjelasan dari para instruktur tentang cara penggunaan alat yang benar dan aturan selama latihan berlangsung.

Well, health isn’t a goal, Mamas, it’s a way of living. Selamat berolahraga! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares