Health

6 Cara Redakan Pilek Si Balita

By  | 

Kondisi cuaca yang tak menentu, kadang panas terik lalu tiba-tiba mendung dan turun hujan, membuat Anda ataupun SI Kecil yang daya tahan tubuhnya sedang menurun, mudah terserang penyakit. Dan salah satu yang paling sering menyerang anak adalah pilek. Saat Si Kecil mulai terserang pilek, sebelum Anda memberinya obat, ada banyak cara  yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gejala pileknya lho, Mamas. Seperti beberapa hal berikut ini:

  1. Menghirup uap air panas. Cara ini dapat membantu mengencerkan ingus yang menyumbat hidung, sehingga mudah dikeluarkan. Sediakan mangkuk kaca yang diisi dengan air panas. Beri bebnerapa tetes minyak kayu putih dan biarkan Si Kecil menghirup uapnya. Namun jangan terlalu dekat ya, Mams.
  2. Mandi air hangat.Untuk meringankan pilek dan hidung tersumbat, Anda juga bisa memandikan Si Kecil dengan air hangat. Udara lembap akan membuat lendir di dalam hidung lebih mudah keluar dan anak juga lebih relaks.
  3. Berikan madu. Pilek biasanya juga diikuti dengan batuk. Meski batuk adalah respons alami tubuh untuk membantu membersihkan lendir dari saluran napas, namun kita tidak bisa berdiam diri saja melihat Si Kecil terus menerus batuk kan, Mams? Untuk menghentikan gejala pilek yang satu ini, jangan langsung menggunakan obat  pereda batuk. Anda bisa lho Mams, memberi Si Kecil madu. Madu adalah bahan alami yang aman bagi anak-anak, khusus usia setahun atau lebih. Rasa manis pada madu memicu air liur untuk keluar sehingga mendorong pula keluarnya lendir yang membasahi jalur napas dan meredakan batuk. Bagi anak usia 1-5 tahun, cukup setengah sendok teh madu yang diberikan
  4. Makanan dan minuman hangat.Minuman yang hangat seperti teh hangat misalnya, akan sangat membantu mereka untuk melawan pilek, khususnya hidung tersumbat. Tak hanya itu, Anda juga bisa memberinya sup ayam yang hangat. Sup ayam ini dapat membantu anak-anak menanggulangi rasa nyeri, lelah, dan demam yang dirasakan
  5. Meninggikan posisi kepala anak.Memposisikan kepala anak lebih tinggi daripada badannya atau tidur dalam posisi bersandar pada bantal yang agak tinggi dapat membuat anak lebih nyaman saat bernapas. Anak pun dapat tidur dengan nyaman dan tidak gelisah.
  6. Humidifier,  atauvaporizer yang kerap digunakan di rumah untuk membersihkan udara juga bisa Anda lakukan. Namun tentunya Anda juga harus rutin membersihkan alat ini secara berkala. Malas membersihkan alat ini akan membuat debu atau kotoran lainnya menumpuk sehingga kualitas udara bersih yang dihasilkan jadi tak maksimal.

Bila setelah mencoba beberapa hal di atas belum membuat kondisinya membaik, maka Anda disarankan untuk menghubungi dokter. Apalagi jika ia mengalami demam tinggi mencapai 38 derajat Celcius selama tiga hari berturut-turut. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares