Finance

5 Tanda Anda Kurang Ahli Mengatur Keuangan

By  | 

Tak semua orang ahli dalam mengatur keuangan. Padahal, manfaat dari mengatur keuangan ini sangat penting lho, Mamas. Lalu bagaimana mengenali apakah Anda ahli dalam mengatur keuangan, atau malah sebaliknya? Berikut beberapa tandanya:

  1. Tak tahu berapa pengeluaran setiap bulannya. Begitu banyaknya pengeluaran, Anda sampai tak ingat berapa banyak uang yang sudah Anda keluarkan, dan untuk apa saja. Ini sangat membahayakan ‘kesehatan’ keuangan Anda lho, Mamas. Sebaiknya biasakan diri untuk mencatat apa saja yang Anda beli dan berapa harganya. Cara ini bisa mengontrol pengeluaran Anda.
  2. Membawa kartu kredit kemana saja. Memang sih, banyak kemudahan yang Anda dapatkan dari melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Hingga membawanya kemana saja dalam dompet Anda akan lebih memudahkan bila tiba-tiba Anda ‘terpaksa’ harus menggunakannya di saat – saat tertentu untuk memesan tiket, hotel, dan lainnya. Namun, bila Anda tipe orang yang mudah tergoda untuk berbelanja, sebaiknya tinggalkan kartu kredit di rumah saat akan berbelanja. Biasakan untuk menggunakan kartu hanya sebagai alat pembayaran yang memang sangat diperlukan, bukan sebagai ‘ladang’ uang untuk berbelanja.
  3. Kaget saat menerima tagihan belanja. Anda tak ingat apa saja yang telah Anda belanjakan menggunakan kartu kredit Anda hingga Anda langsung kaget saat melihat nominal yang harus dibayarkan di surat tagihan kartu kredit Anda.
  4. Terlambat berinvestasi. Semakin dini Anda berinvestasi, maka hasil yang akan didapat juga semakin maksimal. Memutuskan berinvestasi beberapa tahun menjelang masa pensiun adalah keputusan yang sangat terlambat. Investasi yang akan Anda dapatkan akan sangat kecil, Mams.
  5. Memiliki investasi dan tabungan = tak lagi bisa bersenang-senang. Sampai saat ini Anda belum berniat untuk memiliki investasi atau tabungan karena takut ‘jatah’ Anda untuk berbelanja dan bersenang-senang akan berkurang. Dan Anda belum siap akan hal itu. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares