Mind

Pentingnya Memiliki Self Management

By  | 

Tak hanya perlu memiliki kemampuan time management, Anda juga harus memiliki kemampuan self managementSelf management atau manajemen diri ini merupakan kemampuan untuk mengontrol diri dalam pemikiran dan tindakan untuk masa depan Anda yang lebih baik. Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk memiliki kemampuan self management tersebut.

  1. Prioritas.Dasar dari self management adalah bagaimana Anda mencari kombinasi paling tepat dalam meluangkan waktu untuk Anda, keluarga, pekerjaan, hobi, keluarga, dan hal lainnya yang penting dalam hidup Anda. Besar masing-masing porsinya, tergantung dari skala prioritas yang Anda miliki, Mams.
  2. Disiplin. Self management jugadapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengelola diri sendiri supaya bisa produktif secara maksimal. Dan tak hanya dalam pekerjaan, menjalani hidup pun harus disiplin, agar tetap seimbang.
  3. Motivasi.Rasa malas seringkali menggoda Anda untuk menunda suatu hal yang mestinya dapat segera dikerjakan. Bila berada dalam situasi ini, pikirkan manfaat yang akan didapat saat Anda telah selesai melakukan suatu pekerjaan yang sedang menanti. Misalnya, jika pekerjaan Anda di kantor cepat selesai, maka Anda jadi bisa lebih cepat pulang dan bertemu dengan suami dan anak-anak di rumah. Hal ini akan memotivasi diri Anda untuk segera mengerjakannya tanpa menunda-nunda lagi.
  4. Evaluasi. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi secara berkala dengan hasil yang telah Anda jalani selama beberapa waktu ini. Bila Anda merasa sudah berhasil, jangan lupa berireward pada diri sendiri ya, Mamas. Hal ini bisa menambah semangat Anda untuk bisa lebih baik lagi dalam mengelola self managementAnda. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares