Health

Q & A  : Cara Atasi Ruam Popok Bayi

By  | 

 

Q : Dear Smart Mama, saya memiliki bayi yang baru berusia 2 bulan, dan belakangan ini mengalami ruam popok. Saya sudah berusaha mengganti diaper dan memberinya obat, tetatpi ruamnya  masih sering muncul. Adakah saran dari Smart Mama?
Visya, Mams dari Kataya, 2 bulan.
A : Hai Mams Visya, ruam popok merupakan peradangan yang terjadi di area yang tertutup popok, seperti sekitar alat kelamin, pantat, dan pangkal paha bagian dalam, biasanya berwarna kemerahan disertai lecet-lecet ringan dan gatal. Namun, ada banyak hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengobati ruam popok bayi dan merawat kulit bayi. Berikut,  cara mengatasinya Mams.

Menjaga kebersihan area popok 
Ruam popok disebabkan oleh bakteri yang terdapat dalam air seni atau tinja, dan bakteri yang sama ini akan memperburuk atau memperlambat penyembuhan jika diabaikan. Menjaga bayi tetap bersih dan kering akan mencegah ruam popok menyebar dengan cepat. Jika menggunakan popok kain, sering-sering cek kondisi popok dan ganti segera kalau popoknya kena pipis atau pup. Jika memakai popok sekali pakai, agar kulit yang teriritasi tetap kering dan dapat bernapas. Keringkan area popok dengan cara menepuk – nepuk permukaan kulit dengan handuk lembut. Angin-anginkan sebentar sebelum memakaikan popok yang baru.

Mengganti merek popok bayi (diaper)
Cara lain adalah mengganti merek popoknya. Gesekan antara kulit bayi dengan popok tidak dapat dihindari. Kalau anda menggunakan popok sekali pakai, mengganti popoknya dengan merk yang berbeda yang tidak menggunakan pewangi atau zat tambahan lainnya mungkin bisa membantu dalam penanganan ruam pokok, terutama jika ruam bayi merupakan gejala alergi.

Minimalisi pemakaian popok sekali pakai
Jika memungkinkan, batasi pemakaian diaper hanya pada saat bepergian atau pada malam hari. Lebih baik lagi, jika membiarkan bayi  tanpa popok untuk beberapa waktu karena aliran udara di sekitar area popok akan mempercepat penyembuhan ruam popok .

Pemakaian salep untuk ruam popok
Untuk mengatasi ruam popok bayi yang ringan, Anda bisa mengoleskan salep atau bisa mengurangi iritasi pada kulit. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares