Health

Tip Menurunkan Berat Badan Di Usia 30-an

By  | 

Mencapai usia 30 tahun tubuh seorang wanita memang kerap mengalami beberapa perubahan. Banyak mamas yang mengeluh lebih rentan terkena penyakit, mengalami PMS yang cukup berat, dan yang juga banyak menjadi problem para mamas adalah kesulitan menurunkan berat badan. Tetapi jangan khawatir Mams, Anda masih bisa kok mendapatkan tubuh ideal dengan cara berikut:

  • Fokus pada menu sehat. Yes Mamas, di usia ini jangan berpikir untuk mengurangi jumlah asupan dengan diet karbohidrat atau hanya mengonsumsi sayur-sayuran saja. Hal tersebut akan mengganggu metabolisme tubuh Anda lho. Sebaiknya Anda fokus pada makanan sehat dengan gizi seimbang dan lengkap, baik karbohidrat, protein maupun vitamin dan mineral.
  • Perhatikan cara mengolah makanan. Tentu saja sebaiknya Anda memilih makanan yang direbus atau dikukus untuk menghindari tumpukan lemak atau kolesterol yang terdapat dalam makanan yang digoreng. Walaupun misalnya Anda mengonsumsi makanan yang ditumis, sebaiknya menggunakan minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun atau minyak kedelai.
  • Hindari makanan berpengawet. Frozen food atau makanan olahan yang memiliki zat pengawet tinggi lebih sulit untuk dicerna ketimbang makanan fresh. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi jenis makanan tersebut. Ditambah lagi beberapa penelitian mengatakan, makanan dan minuman berpengawet menjadikan tubuh lebih ‘tua’ dan tidak segar.
  • Olahraga teratur. Yang satu ini juga sangat penting jika Anda menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Pilih saja olahraga yang low impact namun bermanfaat untuk pembentukan dan pengencangan otot juga relaksasi. Yoga atau pilates sangat cocok bagi Anda yang mendambakan tubuh ideal di usia 30-an. Jika sesekali ingin olahraga yang lebih dinamis, belly dance juga dapat membantu Anda mendapatkan tubuh impian.
  • Jangan berharap hasil yang¬†kilat. Jika di usia 20-an Anda dapat dengan mudah dan cepat menurunkan berat badan, kini ada baiknya Anda bersabar dan jangan berpikir untuk diet secara ketat ya, Mams. Lebih baik Anda mendapatkan tubuh ideal dengan rentang waktu yang agak lama, namun bertahan lama serta kesehatan Anda tidak terganggu. Good luck, Mamas! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares