Mind

4 Problema Mama (dan Cara Menyikapinya)

By  | 

Setelah masa kehamilan dan proses melahirkan terlewati, kini Anda resmi menyandang status sebagai seorang Mama. Perubahan status ini sedikit banyak turut mengubah diri Anda ya, Mams. Mulai dari perubahan prioritas sampai perbedaan jadwal dan rutinitas yang menuntut terciptanya working – life balance. Kini, seiring berjalannya waktu dan di saat usia Si Kecil semakin bertambah, Mamas dihadapkan pada berbagai kemungkinan masalah yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Sudah siapkah Anda menghadapinya?

1. Kehilangan baby sitter. Faktor kepercayaan menjadi pertimbangan utama seorang Mama tidak terburu- buru mencari pengganti baby sitter baru. Tenang, Mamas, sebagian besar mama lain juga mengalaminya kok. Ketika hal ini terjadi, beberapa solusi yang bisa dipertimbangkan adalah mencari day care terdekat atau meminta bantuan orangtua mengatasinya. Day care bisa membantu reposisi urgent baby sitter melalui tenaga pengasuh dengan pilihan waktu: full time dan half time, tergantung kebutuhan Mamas dan Si Kecil.

2. Si Kecil sakit. Bila hal ini terjadi, pastikan Anda dan pasangan mempertimbangkan keputusan terbaik siapa yang akan absen bekerja dan menemani Si Kecil menemui dokter untuk diperiksa. Buat daftar lokasi dan kontak praktik dokter anak terdekat dan tempelkan list tersebut di ruang terbuka di rumah, agar dapat dihubungi saat keadaan darurat. Selain itu, sediakan obat – obatan atas anjuran dokter lengkap dengan informasi konsumsinya.

3. Kehilangan pekerjaan. Entah pasangan atau Anda yang mengalaminya, sementara kebutuhan ekonomi keluarga semakin meningkat dengan kehadiran seorang bayi. Bila hal ini terjadi, tetap saling berikan dukungan dan berpikirlah positif. Saling menyalahkan tidak akan menyelesaikan masalah. Sebaliknya, manfaatkan momen ini untuk melatih diri menjadi supporter hebat bagi pasangan, tetaplah sibuk untuk mengurangi kekhawatiran selagi pencarian pekerjaan baru terus dilakukan. Turunkan standar kualitas hidup sehari – hari dan mulai buat prioritas.

4. Pengaturan jadwal sekolah. Ingat ya, Mamas, tidak semua hal harus Anda kerjakan sendiri. Temukan support system yang dapat membantu kelancaran aktivitas harian di rumah. Siapkan semua kebutuhan (PR, seragam, atau persiapan bekal makanan) setiap malam sebelum berangkat ke sekolah esok harinya. Manfaatkan aplikasi agenda harian dalam ponsel Anda untuk hasil yang maksimal. Try ‘Wunderlust’ atau ‘Cal Apps’.

For you outhere Mamas, struggling with these same issues – you know you’re not alone. Luangkan waktu untuk selalu bersyukur atas pencapaian yang sudah terjadi sampai hari ini, ya. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares