Health

Aturan Makan Sushi untuk Calon Mama

By  | 

Wanita yang sedang mengandung memang memiliki beberapa aturan dalam asupan makanan. Calon mama disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang kurang matang atau yang dapat memicu kontraksi seperti makanan yang terlalu pedas juga panas misalnya durian atau alkohol. Lalu bagaimana dengan mamas to be pecinta sushi? Nah untuk makanan asal Jepang ini, Anda masih bisa kok mengomsumsinya asalkan ikuti aturan berikut.

  • Hindari sushi yang terbuat dari ikan segar mentah. Ikan segar yang mentah memang sehat jika Anda tidak dalam kondisi hamil. Namun sebagai calon mama, hindari dulu mengonsumsi sushi yang langsung diolah sesaat setelah ikan ditangkap. Pasalnya, ikan segar yang baru saja ditangkap sangat berisiko mengandung bakteri juga merkuri yang tentunya berbahaya bagi janin.
  • Konsumsi sushi berbahan dasar matang. Kini banyak juga resep sushi fusion yang berbahan dasar ikan atau daging matang. Sushi jenis ini sangat aman dan cukup sehat untuk Anda konsumsi lho, Mams.
  • Sushi yang terbuat dari ikan yang telah diproses cukup aman untuk dikonsumsi. Beberapa sushi dan sashimi yang terbuat dari ikan yang telah diasap atau telah diasinkan ternyata aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.
  • Jika Anda ingin membuat sushi sendiri, pastikan ikan yang akan digunakan telah dibekukan selama minimal empat hari.

Nah, Mamas to be, kini Anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsi hidangan tersebut. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares