Style

Q&A : Trik Memilih Kacamata Untuk Si Kecil

By  | 
Q : Dear Smart Mama, saat ini anak saya diharuskan menggunakan kacamata minus. Mungkin karena ia terlalu sering menggunakan gadget dan menonton TV terlalu dekat. Yang ingin saya tanya, apa saja yang harus diketahui sebelum membeli kacamata. Terima kasih.
Herra, Mams dari Karla, 5 tahun.
A : Hai Mams Herra, memang tidak sedikit anak-anak yang memerlukan bantuan visual dikarenakan kebiasaan sehari-hari mereka yang berhubungan dengan membaca, menonton televisi, dan bermain komputer yang terlalu lama.  Disamping itu, faktor keturunan dari kedua orang tua juga berpengaruh terhadap kemampuan visual seorang anak. Kacamata masih bisa membuatnya terlihat gaya tanpa terganggu aktivitasnya. Namun karena anak begitu aktif bergerak, ada baiknya Anda baca berikut.
  • Memilih lensa. Anak-anak sangat aktif bergerak. Untuk itu pilih lensa yang kuat dan tahan bentur agar Si Kecil tidak terluka. Misalnya. lensa yang terbuat dari bahan Trivex dan Polycarbonate. Selain kuat dan tahan bentur, lensa ini juga bisa melindungi mata dari sinar UV.
  • Memilih frame. Memilih frame yang lentur juga penting untuk menyesuaikan keaktifan Si Kecil. Untuk itu, gunakan bingkai yang memiliki pegas di bagian gagangnya, dan sesuaikan dengan anatomi wajah agar tetap terlihat gaya.
  • Bingkai. Untuk bingkai, bahan metal titanium dapat digunakan karena selain kuat, ia juga ringan dipakai. Jika Si Kecil menginginkan bingkai selain titanium, misalnya plastik, Anda dapat memilih frame khusus sport yang dirancang khusus untuk pemakaian sehari-hari sehingga tak mudah patah atau rusak.
  • Sesuaikan dengan wajah. Agar anak merasa nyaman dengan kacamatanya, sesuaikan  kacamata dengan anatomi wajahnya. Kacamata yang terlalu ketat,melorot ataupun miring saat digunakan akan menyebabkan anak menjadi tidak nyaman.  (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares