Finance

Prediksi dan Persiapan Biaya Pendidikan Anak

By  | 

Mamas, seperti yang Anda ketahui, biaya pendidikan anak terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Berdasarkan data biaya masuk tiga Sekolah Dasar swasta di Jakarta tahun 2015 saja (Highscope TB Simatupang, Sekolah Cikal, dan Al Azhar 4 Kebayoran Lama) rata – rata membutuhkan uang pangkal sebesar Rp. 50 juta dan SPP bulanan rata – rata Rp. 4 juta rupiah. Fakta ini semakin membuka mata kita sebagai orangtua untuk mempersiapkan dana pendidikan anak dengan sebaik – baiknya ya, Mams.

Menurut Tejasari, financial planner dari Tatadana Consulting, tidak dapat dimungkiri bahwa biaya pendidikan anak sudah pasti akan mengalami kenaikan antara 10 – 25% setiap tahunnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi orangtua untuk tidak saja memulai investasi persiapan dana pendidikan, tapi juga menambah persentase alokasi dana tabungan setiap bulan. “Rata – rata, setiap keluarga menyisihkan dana tabungan sebesar 2-4% dari total income bulanan. Untuk mengantisipasi lonjakan biaya pendidikan seperti ini, sebaiknya alokasi tabungannya diperbesar menjadi 10% per bulan.”, ujarnya. Berikut beberapa pilihan investasi biaya pendidikan anak yang disarankan:

1. Tabungan pendidikan berjangka/deposito.
Jenis tabungan ini tersedia di hampir semua bank di Indonesia dengan setoran bulanan minimum dan jangka waktu yang bisa ditentukan sesuai kebutuhan antara 2 – 15 tahun. Hanya saja jika Mamas berniat untuk mencairkan dana sebelum tanggal jatuh tempo, akan dikenakan biaya penalti.

2. Reksadana.
Meski investasi jenis ini memiliki risiko yang lebih besar, tapi hasil investasinya akan cukup tinggi bila dibandingkan dengan cara penyimpanan investasi melalui tabungan/deposito dalam jangka waku panjang.

3. Logam mulia.
Dengan sifat mudah dicairkan serta risiko lebih rendah, jenis investasi ini lebih cocok digunakan untuk memenuhi target kebutuhan jangka menengah – panjang, antara 3-5 tahun.

Yang terpenting, usahakan untuk selalu berdiskusi dengan pasangan mengenai rencana pendidikan Si Kecil dan tetap realistis melihat kemungkinan rencana tersebut ya, Mamas! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares