Education

Yuk, Belajar Melukis dengan Finger Painting

By  | 

Ya, kegiatan finger painting sangat cocok dikenalkan pada anak usia dini. Permainan ini bisa melatih motorik dan kreatifitas anak. Bermain dengan finger painting tentu digemari, karena anak-anak sangat menyukai warna.

Finger painting merupakan cara awal dalam belajar melukis. Yang perlu diingat dalam finger painting, sebaiknya gunakan pewarna yang aman. Misalnya, menggunakan pewarna makanan. Berikut, adalah tip saat mengajarkan Si Kecil finger painting, Mams.

  • Menyiapkan warna yang akan digunakan seperti,  ungu, hijau, merah, kuning, biru, putih, dan hitam.
  • Biarkan ia bermain dengan aneka warna, dan mengetahui dengan sendirinya jika warna-warna yang dicampur akan menghasilkan warna yang berbeda.
  • Gunakan kertas putih berukuran tebal dan halus sehingga warna bisa menyebar dengan merata. Pewarnaan latar belakang dimulai dari warna terang dahulu selanjutnya warna yang lebih gelap dan semakin gelap. Dan, sebaliknya untuk melukis objek bisa dimulai dari warna yang gelap lalu ke warna yang makin terang.

Adapun manfaat finger painting bagi tumbuh kembang Si Kecil antara lain :

  1. Melatih motorik halus. Dengan finger painting ujung-ujung jari akan banyak bergerak dan bergesekan dengan cat dan media lukis lainnya.
  2. Sebagai media ekspresi. Emosi anak saat melukis akan terlihat dari warna yang digunakan dan apa yang sedang ia gambar.
  3. Mengenalkan  konsep warna.  Si Kecil akan bereksperimen tentang pencampuran warna sehingga menghasilkan warna sekunder.
  4. Meningkatakan daya imajinasi dan kreatifitas anak.
  5. Mengurangi sifat hiperaktifitas pada anak penderita autis dan hiperaktif.
  6. Meningkatkan koordinasi mata dan tangan. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares