Mind

Trik Mendeteksi Kebohongan

By  | 

 

Dibohongi adalah hal yang menyebalkan ya, Mamas. Buat Anda yang terlalu ‘polos’ untuk mengetahui kalau Anda dibohongi, sebenarnya bisa kok mengenali kapan saat seseorang jujur atau sedang berbohong. Yuk simak bagaimana mengenali saat seseorang sedang berbohong pada Anda, dengan memperhatikan beberapa cara berikut ini:

  1. Mata. Jika seseorang tidak jujur pada Anda, maka sebisa mungkin orang tersebut akan menghindari bertatap mata dengan Anda. Mata mereka akan bergerak cepat menghindari tatapan Anda untuk menatap objek lain. Anda juga bisa memperhatikan pupil matanya yang akan membesar akibat efek adrenalin.
  2. Wajah. Seseorang yang sedang berbohong juga kerap menarik-narik daun telinga atau menyentuh wajah, terutama hidung bagian bawah.

  3. Gerakan. Anda juga bisa mengenali seseorang berbohong saat mereka mengeraskan bagian tubuh mereka atau mulai bertingkah gelisah, canggung atau menggigit bibir mereka.

  4. Tangan. Coba perhatikan tangan orang tersebut, biasanya ia akan memain-mainkan jari-jarinya, dan menyembunyikan telapak tangan mereka dari Anda, entah dengan mendudukinya atau menaruhnya di belakang punggung.

  5. Napas. Butuh usaha lebih keras untuk bernapas saat sedang berbohong. Jadi, Anda dapat melihat mereka bernapas melalui mulut daripada hidung mereka.

  6. Suara. Seseorang yang sedang berbohong juga kerap menelan ludah untuk menetralkan tenggorokannya yang kering atau juga tanpa sadar mengubah nada suaranya.
  7. Bahasa. Orang yang sedang berbohong, terkadang terbata-bata saat berbicara. Mereka juga kerap berhenti sejenak di tengah kalimat, atau bahkan mengalihkan masalah karena canggung.
  8. Pembicaraan. Memberi terlalu banyak detail saat berbicara juga adalah salah satu ciri seseorang sedang berbohong. Ia melakukan hal itu karena merasa takut kalau kebohongannya nanti akan ketahuan.
  9. Mengulang pertanyaan. Perhatikan deh, Mams, Si Pembohong ini juga suka mengulang-ulang pertanyaan yang Anda ajukan kepada mereka. Tentunya hal ini ia dilakukan guna memberi waktu bagi mereka untuk berpikir, mencari kebohongan baru yang bisa dipercaya.
  10. Defensif. Seseorang yang tidak jujur cenderung defensif, terutama saat Anda menyatakan tidak setuju terhadap hal yang ia katakan.
  11. Tindakan. Jika seseorang tidak jujur dengan Anda, mereka kemungkinan akan menaruh objek di antara Anda dan dirinya seperti tas atau bantal. Tanpa disadari, cara ini dilakukan untuk melakukan proteksi dan mencegah Anda menemukan kebenaran. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares