Mind

Yang Sebaiknya Dihindari Calon Mama di Trimester Ketiga

By  | 

Kurang lebih 13 minggu terakhir kehamilan yang disebut juga trimester ketiga atau terakhir mungkin merupakan masa yang ditunggu ya, Mamas to be. Pasalnya penantian Anda akan Si Janin yang selama ini belum pernah Anda lihat akan segera berakhir. Apalagi berat badan yang semakin bertambah disertai pegal-pegal akibat makin besarnya perut mungkin membuat Anda merasa tak nyaman. Dan tahukah Anda bahwa memang ada hal-hal yang harus dihindari di trimester ketiga ini demi keamanan Anda dan bayi dalam kandungan. Apa sajakah hal tersebut? Yuk kita ketahui bersama.

1. Sauna atau mandi uap. Ketika belum hamil, mungkin Anda menyukai kegiatan satu ini ya. Tapi ternyata saat mengandung, terlebih di trimester ketiga, sebaiknya Anda menghindari sauna atau mandi uap ya. Pasalnya hal ini bisa meningkatkan temperatur tubuh secara mendadak (hipertermia) yang efeknya kurang baik untuk Si Janin.

2. Bercinta dengan posisi ekstrem. Simpan dulu posisi-posisi bercinta menantang ala Kama Sutra ya, Mamas to be. Meskipun dokter kandungan tak melarang Anda dan pasangan berhubungan intim di trimester akhir, namun pilih gaya bercinta yang aman bagi kehamilan saja ya.

3. Mengangkat barang berat. Di tiga bulan terakhir kehamilan ini, Anda tak boleh mengangkat benda atau barang yang terlalu berat lho. Sebab hal ini bisa berbahaya bagi punggung bagian bawah Anda. Anda yang juga memiliki balita, sangat dianjurkan tak menggendong Si Sulung untuk sementara waktu juga, Mamas.

4. Membersihkan seluruh rumah. Semakin tua usia kehamilan, wajar kok jika Anda lebih mudah lelah. Oleh karena itu, hindari aktivitas yang bisa menguras energi seperti membersihkan seluruh bagian rumah. Apalagi jika Anda harus bersentuhan dengan bahan kimia yang terdapat dalam produk pembersih rumah, yang kandungannya mungkin bisa berbahaya bagi janin.

5. Memakai high heels. Anda memang akan terlihat lebih seksi ketika memakai sepatu hak tinggi. Namun pemakaian high heels yang intens di trimester ketiga ternyata dapat menyebabkan sakit punggung yang signifikan lho, Mamas to be.

6. Olahraga ekstrem. Water skiing, surfing, atau scuba diving merupakan olahraga ekstrem yang tak boleh Anda lakukan di trimester ketiga.

7. Olahraga berlebihan. Saat mengandung, Anda memang dianjurkan tetap berolahraga agar tetap sehat. Tapi jangan diforsir ya, Mams to be. Biar bagaimana pun, energi Anda tak sebanyak seperti sebelum hamil. Jika semula Anda berolahraga seminggu lima kali, di trimester ketiga ini porsinya bisa dikurangi jadi dua kali seminggu, masing-masing cukup 30-45 menit saja. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares