Health

7 Hal Penganggu Siklus Haid Anda

By  | 

Mamas, saat menstruasi telat, pasti yang pertama terlintas di pikiran Anda adalah saya hamil nih. Padahal belum tentu lho Mams, terganggunya menstruasi dapat terjadi karena beberapa sebab seperti tujuh hal berikut ini.

1. Berat badan turun atau naik drastis. Yes Mams, perubahan BMI (body mass index) yang terlalu drastis dapat menyebabkan menstruasi Anda telat, bahkan para ahli mengatakan, jika mengalami anorexia dan bulimia, ada kemungkinan, Anda tidak mengalami menstruasi selama beberapa lama. Jadi Mams, perhatikan pola makan Anda ya, meskipun ingin diet, lakukan dengan cara sehat. Hindari mengonsumsi makanan secara berlebihan.

2. Stres. Yang satu ini juga kerap menjadi penyebab terganggunya siklus bulanan. Biasanya perubahan sangat besar dalam kehidupan atau baru saja mengalami kejadian menyedihkan dan menakutkan. Stres dapat mengganggu hypothalamus, yakni area dalam otak yang mengatur jalannya menstruasi.

3. Tiroid. Ternyata penyakit yang menyerang kelenjar bagian leher ini juga dapat menjadi penyebab terganggunya siklus bulanan Anda lho Mams. Segera periksakan diri Anda jika menemukan benjolan pada leher dan diikuti siklus bulanan yang tidak teratur.

4. Hormon tidak seimbang. Kadar hormon estrogen, progesteron, dan testosteron yang tak normal juga dapat menyebabkan siklus Anda terganggu. Terkadang diikuti tumbuhnya bulu di berbagai area dalam tubuh. Segera hubungi dokter untuk mengikuti serangkaian terapi jika hal ini terjadi ya Mams.

5. Menderita penyakit cukup serius. Kala Anda menderita penyakit tertentu yang cukup kronis, siklus tubuh juga akan berubah termasuk siklus menstruasi. Beberapa penelitian mengatakan wanita yang menderita penyakit celiac, yakni gangguan pada usus halus, juga bermasalah pada siklus menstruasinya.

6. Alat kontrasepsi. Penggunaan alat kontrasepsi seperti IUD, suntik, atau implans akan memengaruhi hormon dalam tubuh yang dapat menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi. Reaksinya juga bisa bermacam-macam, ada yang tak alami menstruasi hingga beberapa bulan. Namun beberapa mamas yang menggunakan IUD justru mengalami menstruasi panjang. Reaks tersebut akan hilang jika Anda sudah tidak menggunakan alat kontrasepsi tersebu.

7.Menopause dini. Ternyata yang usianya masih di bawa 40 tahun bisa juga mengalami menopause. Selain tidak mengalami menstruasi, Anda juga akan mengalami hot flashes, dan  emosi tidak stabil. Namun jangan khawatir ya Mams, kasus seperti ini jarang terjadi kok dan biasanya disebabkan kelainan kromosom juga penyakit autoimun. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares