Health

5 Kegunaan Belimbing untuk Wanita Hamil

By  | 

Selama ini belimbing dikenal sangat baik untuk para penderita hipertensi karena mampu membantu menurunkan angka atau tensi darah. Ternyata ini juga berlaku untuk Anda yang tengah berbadan dua. Buah berwarna kuning muda atau kuning tua ini memiliki beragam nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, karoten, mineral, asam organik, serta beragam zat gizi penting lain. Belimbing yang berbentuk seperti bintang ini juga sangat nikmat dikonsumsi sebagai jus yang aman dikonsumsi calon mama. Lantas apa saja kegunaan buah asal negeri Sri Lanka ini bagi para mamas to be? Simak yang berikut ini.

1. Meningkatkan imunitas. Salah satu manfaat kesehatan dari mengonsumsi belimbing ketika hamil adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, terhadap beragam serangan bakteri dan virus. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam belimbing juga bisa memberikan ‘sumbangan’ antioksidan untuk tubuh yang bisa menghalau masuknya radikal bebas nih, Mamas to be.

2. Menjaga kesehatan mata. Belimbing merupakan sumber alami vitamin A yang bisa menjaga kesehatan mata. Ketika hamil, Anda juga mungkin akan merasakan gatal atau pedih pada mata dan hal ini bisa dibantu diatasi dengan makan belimbing lho.

3. Mengatasi masalah pencernaan. Ada beberapa masalah pencernaan seperti diare, konstipasi, atau sakit perut lainnya. Dan ibu hamil pun rentan alami hal tersebut yang ternyata bisa diringankan gejalanya dengan makan buah belimbing. Untuk berapa banyak jumlahnya Anda bisa berkonsultasi pada dokter kandungan ya, Mamas.

4. Menurunkan tensi darah. Kandungan potasium di dalam belimbing sangat baik untuk menurunkan tekanan darah saat hamil. Ini tentu saja bisa meminimalisasi risiko preeklamsia yang rentan terjadi bila tekanan darah Anda tinggi, Mamas to be.

5. Menurunkan kolesterol. Ketika hamil, kadang kala Anda merasa ‘berhak’ lebih banyak makan sehingga lupa memerhatikan berapa jumlah kalori yang sudah diasup. Belum lagi kalau Anda ngidam makanan berlemak atau makanan manis tinggi kolesterol yang memang enak di lidah. Tapi jika tak berhati-hati hal ini bisa berbahaya bukan? Nah untungnya konsumsi belimbing yang teratur bisa membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Meski demikian Anda tetap harus menghitung jumlah kalori Anda ya karena obesitas dalam kehamilan juga harus dihindari. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares