Mind

4 Cara Positif Menerima Kritik dari Orang lain

By  | 

Menerima kritik memang tak mudah ya Mams. Pasalnya sebagai manusia kita memang memiliki sifat defensif dan terkadang sulit instrospeksi diri. Nah saat kritik datang pada Anda, lakukan empat cara positif berikut.

1. Bedakan kritik membangun dengan yang tidak. Beberapa orang memang mengkritik demi kebaikan Anda sendiri, namun ada juga yang karena merasa iri. Dalam hal ini, Anda harus melihat dari kepribadian Si Pengkritik itu sendiri. Jika selama ini ia memang bersikap positif dan adil, maka tak ada salahnya Anda mempertimbangkan kritikan darinya. Nah jika selama sifatnya memang hobi mengkritik tidak penting, maka abaikan saja ya.
2. Anda memang tak sempurna. Yang harus Anda sadari adalah tidak ada satupun manusia yang sempurna. Dan tidak mungkin sikap Anda dapat memuaskan hati setiap orang. Oleh karena itu, Anda tidak perlu bersikap defensif.
3. Jangan dimasukkan ke dalam hati. Kala menerima kritik, Anda tidak perlu terlalu sensitif. Sebaiknya Anda analisa saja dan buat perubahan jika setelah dipertimbangkan kritik tersebut memang demi kebaikan Anda sendiri. Tak perlu Anda merasa sedih, gagal, maupun terus menerus berpikir tentang kritik tersebut.
4. Say thank you. Tidak ada salahnya lho Mams berterima kasih dengan orang yang mengkritik Anda karena sudah diingatkan. Apalagi jika kritik tersebut bermaksud positif. Nah jika kritik yang ditujukan ke Anda bersifat negatif, berterima kasihlah pada mereka karena sudah sangat repot memikirkan Anda. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares