Parenting

4 Cara Meninggalkan Toko Mainan Tanpa Membeli

By  | 

Saat harus membeli kado untuk keponakan atau anak kerabat yang berulangtahun, tentu saja Anda terpaksa mengajak Si Kecil masuk ke toko mainan ya, Mams. Namun bukan berarti ia juga harus membeli sesuatu di dalam toko tersebut kan? Banyak mamas berpendapat bahwa hal itu tidak mungkin, namun nyatanya bisa kok Mams, yuk lakukan empat cara berikut.

  1. Jelaskan sejak awal. Sebelum masuk ke dalam toko tersebut jelaskan pada Si Kecil bahwa kali ini Anda tak bisa membelikan sesuatu baginya. Kunjungan ke dalam toko tersebut hanya untuk membeli kado bagi kerabat atau temannya. Hal tersebut dapat meredakan ekspektasi Si Kecil yang tadinya sudah berbinar-binar melihat toko mainan.
  2. Libatkan ia dalam pemilihan kado. Anak balita sangat suka dilibatkan dalam sebuah permainan, oleh karena itu, jadikan kunjungan tersebut sebagai bagian dari permainan. Minta ia memilihkan kado sesuai dengan kesukaan anak yang akan diberikan bingkisan. Jelaskan barang seperti apa yang sesuai dengan Si Penerima, Si Kecil pasti bersemangat.
  3. Lakukan dengan cepat. Saat kado sudah terpilih, sebaiknya Anda segera membeli dan membayarnya, kemudian ajak Si Kecil ke luar dari toko. Berlama-lama hanya akan membuat ia tergoda pada sebuah mainan dan ingin membelinya.
  4. Tegarkan diri Anda. Terkadang Anda yang tidak tega ya Mams, melihat wajah Si Kecil yang tampak nelangsa ke luar toko tanpa membeli apapun. Tetapi tegarkan diri Anda, percaya bahwa hal ini dapat mengajarkan Si Kecil untuk tak selalu mendapatkan semua yang ia inginkan. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares