Education

Cara Mudah Mengenalkan Warna pada Si Kecil

By  | 

Saat Si Kecil menginjak usia dua tahun, kemampuan mengakomodasikan matanya sudah lebih baik sehingga ia bisa lebih fokus dan melihat sesuatu lebih jelas. Di masa ini ia bisa mulai belajar sesuatu yang lebih spesifik seperti warna. Nah agar belajar mengenal warna bisa Anda lakukan dengan cara menyenangkan, lakukan beberapa hal berikut ya, Mams.

  • Saat Si Kecil bermain, Anda bisa mengenalkan warna merah, sambil memegang apel atau stroberi. Anda juga bisa mengenalkan warna melalui pakaian yang sedang dikenakannya. Cara lain, ajarkan juga Si Kecil bernyanyi lagu Balonku Ada Lima, Pelangi, Lihat Kebunku, dan lainnya.
  • Untuk usia dua tahun kenalkan tiga warna dasar terlebih dahulu seperti merah, biru, dan kuning. Jika Si Kecil sudah mengenali, barulah Anda kenalkan dengan warna lainnya.
  • Lafalkan warna dengan intonasi jelas agar¬† Si Kecil tahu perbedaannya. Misalnya saat Anda memberinya pisang, katakan dengan jelas ini adalah warna kuning. Agar Si Kecil mudah mengingat, lakukan berulang kali ya Mams.
  • Indra sentuhan juga bisa Anda ajarkan untuk mengenal warna. Dengan cara meraba kulit jeruk, lemon, atau apel Si Kecil akan belajar mengenal teksturnya juga. Jika ia sulit menghafal dan mengetahui warna tersebut, jangan berputus asa lho, Mamas. Luangkan waktu Anda lebih banyak agar acara belajar makin menyenangkan. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares