Apakah Mungkin Si Kecil Mengidap TBC?

By  | 

Q: Dear dokter Monique,

Sudah dua minggu ini anak saya demam dengan suhu yang naik-turun. Ia juga batuk dan pilek serta berat badannya mulai turun. Beberapa teman saya mengatakan kemungkinan anak saya mengalami TBC. Mungkinkah anak saya mengidap TBC, dok?

Vina, 32 tahun, mama dari Leon, 3 tahun

 

A: Dear Ny. Vina,

Tuberkulosis atau TB adalah salah satu penyakit di Indonesia yang sering menyebabkan kesakitan dan kematian pada anak. Anak-anak sangat rentan terinfeksi oleh kuman TB ini terutama pada anak yang berkontak erat dengan penderita TB dewasa. Gejala TB pada anak kadang memang tidak khas. Penurunan berat badan, lemah, letih, dan lesu merupakan gejala utama TB pada anak. Batuk pada anak jarang merupakan gejala utama TB pada anak. Namun, bila Anda mendapati tanda-tanda seperti:

– Gejala dan tanda klinis sugestif TB seperti adanya demam >2 minggu tanpa sebab jelas.

– Batuk kronik >3 minggu.

– Berat badan anak sulit naik atau kurang dari berat badan sesuai usianya.

– Seringkali berkontak dengan penderita TB paru dewasa.

Maka sebaiknya anak segera dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan memastikan apakah ada diagnosis TB. Mengingat anak ibu sudah mengalami demam cukup lama, sebaiknya diperiksakan saja untuk mengetahui apakah betul terkena TB atau kemungkinan terkena penyakit infeksi lainnya. (dr. Monique/Redaksi/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares