Mind

6 Cara Memaksimalkan Kemampuan Mendengar Anda

By  | 

Dalam berkomunikasi, tak hanya kemampuan berbicara saja yang patut diasah, namun kemampuan mendengarkan juga sangat penting lho, Mams. Pendengar yang baik bisa jadi teman kerja menyenangkan, serta bisa memeroleh kepercayaan dari klien, atau mitra kerja karena bisa lebih diandalkan. Begitu pula dengan pasangan, ia akan merasa lebih diperhatikan oleh Anda. Lalu bagaimana caranya memaksimalkan kemampuan mendengar ini? Yuk, simak di artikel berikut ini

  1. Beri respons. Saat pasangan berbicara, tentunya ia mengharapkan respons positif dari Anda. Jadi, tak hanya sekadar diam saja mendengarkan pembicaraan lawan bicara, namun Anda juga harus merespons pembicaraannya dengan bahasa tubuh seperti seperti mengangguk, menatap, dan menjaga kontak mata. Dengan begini, Anda menunjukkan bahwa Anda memerhatikan apa yang lawan bicara Anda utarakan.
  2. Bertanya. Menanyakan sesuatu hal mengenai topik yang dibicarakan juga bisa Anda lakukan. Hal ini bisa menunjukkan bahwa Anda memang mendengarkan lawan bicara Anda. Dengan begitu ia juga akan merasa senang karena Anda mendengarkan dengan baik apa yang ia bicarakan.
  3. Mengingat pembicaraan sebelumnya. Cobalah mengingat pembicaraan sebelumnya dengan pasangan atau lawan bicara Anda. Hal seperti ini bisa membuatnya bahagia dan senang karena perhatian kecil yang Anda berikan.
  4. Jangan menyela. Saat lawan bicara sedang membicarakan sesuatu, dengarkan seksama. Jangan biasakan menyela perkataan lawan bicara. Saat Anda tidak setuju dengan sesuatu yang ia bicarakan, tunggu hingga ia menyelesaikan perkataannya.
  5. Fokus pada lawan bicara. Perhatikan saat lawan bicara sedang berbicara. Jangan sibuk dengan handphone atau hal lainnya. Dengan begitu, ia akan merasa dihargai.
  6. Klarifikasi. Mengklarifikasi pesan yang disampaikan lawan bicara dapat memastikan tak ada salah persepsi. Hal ini akan meminimalisir salah paham antara Anda dan lawan bicara. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares