Beauty & Style

Q & A : Faktor Penyebab Ketombe

By  | 

Q: Saat ini saya mengalami masalah rambut yang berketombe. Hal ini sangat menganggu penampilan saya saat beraktivitas di luar rumah. Apalagi sehari-hari saya bekerja di kantor. Sebetulnya apa sajakah penyebab ketombe?
Nancy, 30 tahun

A: Ketombe memang muncul bukan tanpa sebab. Beberapa di antaranya bahkan sebenarnya bisa dicegah lho. Berikut beberapa faktor penyebab ketombe yang harus Anda ketahui.

1. Kondisi kulit. Kondisi kulit kepala setiap orang berbeda, risiko terkena masalah ketombe pun  berbeda pula. Sebaiknya kenali jenis kulit kepala Anda dan konsultasikan dengan dokter ahli.

2. Kepanasan. Penyebab kepanasan bisa saja dari penggunaan hair dryer atau Anda yang berhijab. Kepala yang kepanasan bisa bikin sel kulit cepat mati dan berubah menjadi ketombe. Jadi kurangi penggunaan hair dryer atau gunakan bahan kerudung yang lebih nyaman untuk mencegah ketombe.

3. Sisa sampo. Saat keramas bilas sampo hingga benar-benar bersih. Sebab jika tidak, sisa sampo tersebut juga bisa menyebabkan ketombe.

4. Makanan. Ternyata makanan pun dapat memengaruhi kondisi kulit kepala dan menimbulkan ketombe. Jadi penuhi zat besi dan vitamin B melalui makanan atau suplemen demi menjaga kesehatan kulit kepala ya, Mams.

5. Stres. Ini termasuk penyebab tidak biasa, namun itulah kenyataannya. Terlalu stres bukan cuma buruk untuk kesehatan lho, tetapi juga kecantikan rambut, termasuk menjadi penyebab munculnya ketombe.

6. Produk rambut. Entah itu sampo, kondisioner, atau produk kecantikan lain untuk rambut, perhatikan bahan dan efeknya pada kulit kepala. Pasalnya bukan tidak mungkin produk tersebut justru membuat ketombe semakin banyak! (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares