Health

7 Khasiat Jahe untuk Calon Mama

By  | 

Sembilan bulan masa kehamilan membawa perbedaan bagi setiap wanita. Ada yang merasa tak alami keluhan berarti, tapi ada pula yang merasa ‘tersiksa’ di sepanjang kehamilan. Namun semua perubahan ini sebetulnya memiliki solusi yang kadang bisa diperoleh dengan mudah. Misalnya dengan mengonsumsi nutrisi tertentu seperti jahe yang punya banyak khasiat untuk kesehatan kehamilan. Yuk petik manfaat-manfaat berikut ini.

1. Membantu atasi morning sickness. Mual di pagi hari atau bahkan di sepanjang hari yang umumnya terjadi di trimester pertama kehamilan ini bisa dihalau dengan jahe. Jahe bertindak sebagai pemberi rasa segar yang bisa ‘menenangkan’ perut yang bergejolak. Campurkan dalam segelas teh hangat dan minumlah ketika ‘serangan’ datang.

2. Membantu tubuh untuk menyerap nutrisi. Pada kondisi tertentu seperti diet yang salah membuat tubuh tak bisa maksimal dalam menyerap nutrisi. Nah ketika hamil mendapatkan gizi yang benar merupakan hal penting ya, Mamas to be. Dan ternyata mengonsumsi jahe bisa membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi yang dibutuhkan Si Janin di masa pertumbuhannya.

3. Membantu menjaga kadar glukosa. Salah satu ketakutan calon mama adalah menderita penyakit diabetes gestasional lantaran perubahan pola makan selama hamil. So, minimalisasi kekhawatiran Anda dengan mengonsumsi jahe ya. Pasalnya sebuah penelitian membuktikan bahwa jahe bisa membantu menjaga kadar glukosa tetap normal.

4. Mengatasi peradangan. Secara alami, jahe memiliki sifat anti peradangan. Jika dikonsumsi cukup sering maka jahe bisa mengurangi pembengkakan atau peradangan yang berisiko dialami calon mama.

5. Meminimalisasi heartburn. Kehamilan juga dapat memicu heartburn khususnya di malam hari. Jadi cobalah untuk memasukkan beberapa irisan tipis jahe dalam menu makan malam Anda ya. Kabar baiknya lagi jahe ini tak punya efek samping apapun yang dapat berbahaya bagi Anda maupun Si Janin.

6. Meningkatkan gairah seksual. Ketika hamil, khususnya di beberapa bulan pertama, Anda akan malas berhubungan intim. Tapi tak lagi bila Anda mengonsumsi jahe lho, Mams to be. Sebab jahe bisa meningkatkan fungsi dari sistem peredaran darah yang juga berpengaruh pada peningkatkan libido Anda lho.

7. Menguatkan sistem imun. Selain morning sickness dan kelelahan, calon mama biasanya memang rentan sakit. Yuk tingkatkan kekebalan tubuh Anda dengan makan jahe karena kemampuannya menguatkan imunitas Anda. Dengan demikian Anda juga akan lebih jarang sakit deh. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares