Health

Bila Si Kecil Berkutu Rambut

By  | 

Apakah Si Kecil sering menggaruk kepala dan mengeluh kepalanya gatal, geli, dan juga panas? Kalau ya, coba Mamas sibak helai demi helai rambutnya karena bisa jadi Si Kecil berkutu rambut lho.

Pengertian Kutu Rambut

Kutu rambut ini kemungkinan sulit ditemukan karena ukurannya sangat kecil dan bergerak cepat di kulit kepala. Namun telurnya yang putih keperakan ini bisa Anda lihat dengan mudah menggantung di helai-helai rambut Si Kecil. Kutu rambut dan telurnya ini biasanya dapat ditemui di area dekat telinga dan di atas tengkuknya.  Saat baru menetas, ukuran kutu rambut lebih kecil daripada ujung peniti, dan ketika sudah dewasa, ukurannya akan sebesar biji wijen. Masa tetas telur kutu berkisar antara delapan hingga sembilan hari dan sejak kecil, dewasa, hingga mati bisa mencapai 40 hari. Kutu rambut ini hidup dari mengisap darah dari kulit kepala.

Penularan

Kutu rambut hanya dapat diidap manusia dan hanya dapat menular antarmanusia saja. Parasit ini tidak dapat ditularkan pada hewan atau pun sebaliknya. Penularan kutu rambut dapat terjadi melalui:

  • Kontak langsung. Penularan ini terjadi ketika rambut penderita bersentuhan dengan rambut orang lain yang memungkinkan kutu rambut merayap dan berpindah tempat.
  • Kontak tak langsung. Penularan ini terjadi melalui benda yang dipakai bersama, yang telah terkontaminasi kutu rambut atau telurnya. Contohnya sisir, helm, topi, seprai, bantal, earphone, handuk, dan juga baju.

Kutu rambut tidak bisa terbang atau melompat dari satu kepala ke kepala orang lain. Dan perlu Mamas ketahui juga, kalau infeksi kutu rambut ini tidak ada kaitannya dengan kebersihan rambut seseorang. Penularan kutu rambut lebih sering terjadi di dalam keluarga atau di kalangan anak-anak yang aktif berinteraksi dan melakukan kontak fisik dengan teman-teman sebaya.

Cara memastikan Apakah Si Kecil Berkutu Rambut

Orang dengan kutu rambut kerap merasakan gatal pada kepalanya. Rasa gatal bukan berasal dari gigitan kutu rambut pada kulit kepala, melainkan akibat reaksi alergi terhadap parasit tersebut. Oleh karena itu, bagi orang yang tak alergi terhadap kutu rambut, tidak akan menyadari mengenai keberadaan mereka di kepala. Dan karena secara kasat mata kutu rambut ini sulit terlihat, maka cara yang terefektif adalah dengan menggunakan sisir serit. Sisir serit merupakan sisir khusus yang dapat menjaring atau menangkap kutu rambut karena dilengkapi dengan gigi-gigi yang berjarak rapat. Sisir dari plastik atau kayu ini bahkan dapat menjaring anak maupun telur kutu. Berikut caranya:

  • Cuci rambut terlebih dahulu dengan sampo dan dilanjutkan penggunaan kondisioner.
  • Sisir rambut dengan menggunakan sisir biasa untuk memastikan tidak ada rambut yang kusut agar tidak menghalangi pergerakan sisir serit nantinya.
  • Setelah itu, lanjutkan menggunakan sisir serit perlahan-lahan dari arah kulit kepala, lalu tarik sisir hingga ke ujung rambut.
  • Periksalah sisir serit tersebut, apakah ada kutu, atau bahkan telur kutu pada permukaan sisir yang terselip di antara gigi-gigi sisir.
  • Ulangi cara ini hingga seluruh rambut tersisir secara merata selama beberapa kali.
  • Untuk mencegah kutu rambut jatuh ke lantai dan sulit dilihat, maka alasi lantai dengan kain atau kertas berwarna putih.

Jika hasil penyisiran memperlihatkan adanya kutu atau telur, maka segeralah lakukan pengobatan ya, Mams. Dan bila Si Kecil sudah terbukti berkutu rambut, maka bisa jadi ia telah menulari anggota keluarga yang lain. Jadi Anda dan anggota keluarga lain juga bisa mencoba menggunakan sisir serit tadi.

Mengobati kutu rambut

Sebelum mengobati kutu rambut tersebut dengan menggunakan obat-obatan, sebaiknya lakukan penanganan dengan cara sederhana terlebih dahulu, yaitu dengan sisir serit tadi. Lakukan prosedur ini secara berkala, yaitu pada hari ketiga, keenam, kesembilan, keduabelas, dan kelimabelas. Jarak waktu ini bertujuan agar Anda dapat membersihkan seluruh kutu rambut, termasuk anak-anak kutu yang baru menetas sebelum mereka menjadi dewasa dan berkembang biak. Jika pembersihan menggunakan sisir serit ini belum berhasil, cobalah menggunakan obat antiparasit yang banyak dijual di apotek. Bila memang pengobatan dengan obat anti parasit tadi tidak membuahkan hasil, maka Anda bisa membawa Si Kecil menemui dokter.

Mencegah kutu rambut

Ada beberapa tip pencegahan kutu rambut yang bisa diterapkan kepada diri sendiri, anak, atau keluarga.

  • Sebisa mungkin menjaga jarak dengan penderita kutu rambut dan jika perlu hindari kontak dengannya untuk sementara waktu.
  • Jangan berbagi barang pribadi seperti sisir, sikat rambut, bantal, selimut, pakaian, dan sebagainya untuk mencegah penularan kutu rambut.
  • Hindari kontak rambut dengan rambut saat melakukan aktivitas.
  • Rutin memeriksa keberadaan kutu rambut dengan menggunakan sisir serit sebagai penanganan dini sebelum menyebar pada orang lain. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares