Parenting

7 Rahasia Agar Anak Percaya Diri

By  | 

Memiliki anak percaya diri serta berkerpibadian kuat memang dambaan semua orangtua ya Mams. Dan ternyata kunci dari rasa percaya diri anak justru terletak pada pola pengasuhan Anda lho. Yuk ketahui tujuh rahasia agar Si Kecil tumbuh menjadi anak yang percaya diri.

  1. Biarkan ia merasa kecewa atau sakit hati. Memang sudah menjadi insting orangtua untuk menyelamatkan Sang Anak dari rasa kecewa atau sakit hati. Namun apabila Anda selalu berusaha menjauhi ia dari kegagalan, misalnya mengusahakan anak Anda diundang ke sebuah pesta padahal tadinya ia tidak diundang atau berbicara dengan Sang Guru untuk memberikan prioritas pada anak, maka ia justru akan tumbuh di bawah bayang-bayang Anda.
  2. Hindari kritikan tajam. Mungkin saja beberapa mamas berpikir bahwa sebuah kritikan akan memberi motivasi pada anak untuk maju. Namun nyatanya ia akan tumbuh lebih percaya diri jika berkesempatan bermain dan mengambil risiko tanpa khawatir orangtua akan menghujaninya dengan berbagai kritikan. Menuntut kesempurnaan anak justru dapat membuatnya rendah diri Mams.
  3. Biarkan ia membuat keputusan. Tak ada salahnya meminta Si Kecil memutuskan sendiri hal-hal kecil menyangkut dirinya. Contohnya memilih makanan atau pakaian, tentunya Anda sudah menentukan beberapa pilihan, dan Si Kecil tinggal memilih satu diantaranya.
  4. Dukung penuh minat dan bakatnya. Setiap anak memiliki minat berbeda. nah jika Si Kecil sudah menunjukkan kesukaannya terhadap suatu aktivitas, maka tugas Anda adalah mendukung penuh dengan cara memfasilitasi ya, Mams. Apabila ia suka musik maka Anda dapat mendaftarkan Si Kecil untuk kursus alat musik yang disukainya. Begitu pula jika ia gemar menggambar maupun olahraga. Percaya deh, Mams, dukungan Anda membuat rasa percaya dirinya kian meningkat.
  5. Membantu orang lain. Bukan berupa sumbangan untuk orang kurang mampu ya Mams, namun bantuan di sini adalah meminta Si Kecil menolong mengangkat barang milik orang yang sudah tua atau mengajari anak lain. Merasa berguna bagi sesama juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri.
  6. Beri kesempatan pada anak untuk menghabiskan waktu dengan orang dewasa. Tentu saja anak Anda senang bermain dan menghabiskan waktu dengan teman sebaya. Namun tak ada salahnya jika sesekali Anda membiarkan ia menghabiskan waktu dengan orang dewasa, misalnya saudara kandung atau sahabat Anda. Berinterkasi dengan orang dewasa selain Anda akan membuat cara berpikir Si Kecil menjadi lebih luas. Hal ini akan menumbuhkan rasa percaya diri.
  7. Berbicara tentang masa depan. Saat sedang santai bersama pasangan dan Si Kecil, ajak ia berdiskusi mengenai cita-cita dan masa depan. Tentu saja, saat ini cita-cita Si Kecil bisa jadi lucu untuk Anda, misalnya ia ingin menjadi princess atau kucing. Namun Anda tak perlu berkomentar negatif ya Mams, yang penting adalah ia terbiasa memiliki tujuan hidup. Dengan bergitu, ia lebih optimis dan merasa percaya diri menghadapi masa depan. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares