Style

Q & A : Merawat Rambut Si Kecil Agar Tidak Kusut

By  | 

 

Q : Saya memiliki satu anak perempuan yang saat ini berusia empat tahun. Karena rambutnya panjang saya seringkali kesusahan mengurus rambutnya di pagi hari, terlebih ketika hari sekolah. Ia seringkali susah keramas sehingga rambutnya menjadi kusut. Adakah saran dari Smart Mama? 
Valen, 34 tahun, mama dari Keana, 4 tahun

A : Agar senantiasa rambut Si Kecil bersih dan sehat, Anda bisa lakukan beberapa cara berikut ini :

1. Bersihkan rambut anak secara teratur. Untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala Si Kecil, usahakanlah mencuci rambut seminggu dua kali atau dua hari sekali. Sebaiknya saat mencuci rambut lakukan dengan lembut dan berhati-hatilah agar jangan sampai air dan shampo masuk ke mata,hidung, dan mulut.

2. Shampo tepat. Shampo berkualitas baik mampu menghilangkan kotoran,minyak,dan membuat rambut Si Kecil jadi halus, mudah diatur, dan tak kusut. Juga, pilih shampo yang tak mengiritasi mata dan tak menyebabkan alergi.

3. Gunakan sisir yang tepat. Untuk sisir, Anda bisa gunakan sisir bergigi jarang dan tidak tajam ya, Mams. Sisir rambut anak dengan lembut dan hati-hati guna mencegah rambutnya rontok. Agar kebersihan sisir senantiasa terjaga, cuci sisir seminggu sekali dengan air hangat yang mengandung sedikit sabun, lalu keringkan.

4. Gunting rambut. Memotong rambut juga bisa Anda lakukan agar ujung rambut tetap sehat,tidak bercabang, dan mudah patah.

5. Lakukan perawatan rambut seminggu sekali. Anda juga bisa berikan nutrisi pada rambut Si Kecil dengan cara memberi bahan alami seperti lidah buaya guna menguatkan akar rambut, kemiri, seledri, dan lain-lain. (Yosi Avianti/LD/ Photo: Istockphoto.com)

Shares