Education

Manfaat Bermain Balok untuk Si Kecil

By  | 
Di usia balita, biasanya anak mulai menyukai permainan susun balok. Permainan ini sama halnya dengan puzzle, karena termasuk dalam permainan konstruktif. Dengan permainan ini anak diajak menyusun serta merangkai balok-balok jadi sebuah bangunan menara, gedung, rumah, jalan, dan sebagainya. Seru, ya, Mamas! Stimulasi otak saat anak bermain akan mengembangkan aspek-aspek kognitif seperti kemampuan memecahkan masalah, kemampuan bahasa, asah logika, serta konsep-konsep dasar lainnya. Misalnya saja balok. Sebuah penelitian mengatakan bahwa anak yang berhasil menyusun balok sesuai contoh, ternyata mampu menyelesaikan tugas matematika sederhananya dengan baik. Apa lagi keuntungan yang bisa didapatkan dari permainan balok? Berikut manfaat lainnya, Mams.
 
1. Matematika dan keterampilan kosakata. Permainan balok akan mengembangkan kemampuan bahasa dan matematika Si Kecil. Keterampilan bahasa berkembang karena anak belajar nama warna, bentuk, dan ukuran balok. Sementara itu, kemampuan matematika didapatkan ketika seorang anak belajar menambah atau mengurangi jumlah balok yang diperlukan untuk membangun struktur.

2. Meningkatkan kreativitas. Membuat struktur berbeda dengan menggunakan balok akan merangsang pikiran kreatif anak. Bukan hanya kemampuan berpikir logis yang didapat, tetapi juga mampu berpikir kreatif.

3. Mendorong interaksi sosial. Ketika bermain balok bersama teman, anak terlatih untuk berbagi. Misalnya, jika si teman kekurangan balok tertentu, anak diminta untuk mau membagi balok yang dibutuhkan.

4. Melatih kesabaran. Menyusun balok satu demi satu tentu membutuhkan kesabaran. Ini akan mengajarkan anak untuk tak cepat putus asa, serta berlatih menyelesaikan pekerjaan dari awal sampai akhir demi mencapai sesuatu.

5. Mengembangkan rasa percaya diri anak. Ketika anak bermain susun balok dan bisa membuat bangunan, tentu anak akan merasa puas dan gembira lho, Mamas. Pencapaian ini akan menumbuhkan rasa percaya diri akan kemampuannya. (Yosi Avianti/LD/ Photo: Istockphoto.com)

Shares