Health

5 Tanda Anda Akan Segera Melahirkan

By  | 

Gejala persalinan memang sulit ditebak, bahkan mama yang sudah pernah melahirkan saja seringkali merasa sukar membedakan antara false alarm dengan tanda akan melahirkan sebenarnya. Apalagi jika Anda tengah hamil anak pertama, tentu akan lebih sulit mengetahui bahwa Anda tengah dalam proses persalinan. Lima tanda berikut dapat menjadi acuan bagi Anda yang sedang menanti kelahiran Si Kecil.

  1. Air ketuban pecah. Yang satu ini memang pertanda kuat bahwa Anda tengah memasuki proses persalinan. Namun banyak mamas to be mengira ketuban yang pecah akan menghasilkan air yang sangat banyak. Padahal bisa jadi air yang keluar hanya sedikit, nah jika Anda mengalaminya, segera berangkat ke rumah sakit.
  2. Mengalami kontraksi hebat dan rutin. Saat hamil Anda tentu pernah mengalami kontraksi kecil misalnya saat kelelahan atau habis berjalan jauh. Kontraksi yang Anda alami saat menuju proses persalinan sangat mirip namun jauh lebih hebat dan tentu lebih terasa sakit. Yang harus Anda perhatikan adalah ini akan terjadi secara berulang dan semakin lama pengulangan semakin cepat. Jika hal tersebut Anda rasakan tandanya sebentar lagi Anda akan bertemu dengan Si Bayi.
  3. Timbul vlek. Proses persalinan juga dapat ditandai dengan timbulnya vlek atau keluar darah dengan jumlah sedikit. Biasanya, hal ini menandakan Anda sudah mengalami pembukaan. Segera periksakan kandungan Anda, dan banyak berjalan kaki sehingga proses persalinan lebih lancar. Hindari berbaring di tempat tidur karena akan memperlambat proses kelahiran Si Kecil.
  4. Diare. Anda tentu bingung dengan gejala satu ini, tetapi hal ini dialami banyak mamas kala memasuki proses persalinan. Pada proses awal kelahiran bayi, tubuh Anda akan memproduksi hormon prostaglandins yang memicu kontraksi pada bagian uterus dan membantu melembutkan area serviks. Namun terkadang hormon tersebut menstimulasi secara berlebih sehingga menyebabkan mamas to be mengalami diare.
  5. Nyeri pinggang. Sebagai wanita hamil, tentu saja Anda sering mengalami sakit pinggang akibat menyangga perut yang membuncit. Namun menjelang proses persalinan, Anda akan merasakan sakit yang berbeda, pinggang Anda akan terasa nyeri luar biasa akibat dorongan dari bayi yang memengaruhi otot bagian pinggang. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares