Career

Jika Ide Anda Dicuri Rekan Kerja

By  | 

Dunia kerja memang dinamis ya Mams, dan di kantor Anda akan menemukan banyak rekan kerja dengan berbagai karakter. Mulai dari yang penolong, pendiam, cerewet, dan yang tentu saja menganggu adalah ia yang menghalalkan segala cara demi kenaikan karier, termasuk mencuri ide Anda. Nah jika Anda menemukan rekan kerja yang seperti ini, ikuti tiga langkah berikut.

  • Hadapi secara langsung dan tegas. Yes Mamas, Anda harus mengkonfrontasi rekan kerja yang curang seperti ini. Sekecil apapun ide Anda tentu memiliki nilai yang tinggi. Katakan padanya secara terus terang dan tegaskan padanya bahwa ia sudah berlaku curang dan perbuatan tersebut sangat memalukan serta Anda merasa dirugikan. Namun jaga emosi Anda ya Mams, ucapkan dengan cara lembut namun menyakitkan.
  • Kembangkan ide Anda tersebut. Jika ide tersebut memang disukai, ada baiknya Anda membuat pengembangan dari ide tersebut. Tentu saja sangat mudah bagi Anda mengembangkannya karena sejak awal ide tersebut memang ide Anda. Apabila dikembangkan, siapa tahu dapat jadi sesuatu yang lebih inovatif.
  • Jaga hasil karya Anda. Untuk menjaga hasil karya atau ide Anda, ada baiknya Anda merahasiakan ide tersebut hingga tiba waktunya menyampaikannya di ruang meeting atau melalui email yang di-cc ke banyak orang. Dengan begitu, semua orang akan mengetahui bahwa ide itu memang dari Anda. Jangan sampai Anda kecolongan lagi ya Mams. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares