Health

3 Kesalahan Orangtua dalam Pengobatan Anak

By  | 

Mamas, kala Si Kecil sakit, wajar saja memang jika Anda dan pasangan merasa panik. Namun terkadang kepanikan justru membuat Anda melakukan kesalahan dalam mengobatinya. Berikut tiga kesalahan yang kerap dilakukan orangtua kala anaknya sakit.

  1. Memberi dua obat atau lebih sekaligus tanpa petunjuk dokter. Saat Si Kecil flu, seringkali orangtua memberikan obat batuk, pilek, serta demam dengan harapan Si Kecil akan segera pulih. Padahal meskipun ditujukan untuk penyakit berbeda, obat-obatan tersebut seringkali memiliki kandungan sama sehingga anak malah akan menerima salah satu kandungan tersebut dobel atau dua kali lipat.
  2. Tidak mengikuti petunjuk dokter. Banyak orangtua yang memberhentikan penggunaan antibiotik saat kesehatan Si Kecil sudah membaik. Padahal seharusnya antibiotik yang diberikan dokter itu harus dihabiskan meski anak sudah pulih. Hal ini guna mempertahankan kadar imun dalam tubuh anak.
  3. Salah memberikan dosis obat. Memang sih terkadang Anda malas ya menggunakan sendok obat. Jadi banyak mamas menggunakan sendok biasa dan mengira-ngira jumlah obat yang diberikan. Hal ini akan membuat pemberian dosis obat jadi tak tepat. Mulai sekarang, ada baiknya Anda menggunakan sendok takar obat yang tersedia ya Mams. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto. com)

Shares