Mind

Manfaat Me Time dengan Membersihkan Rumah

By  | 

Kebanyakan keluarga di kota besar biasanya memiliki pembantu atau Asisten Rumah Tangga (ART), untuk membantu Anda mengerjakan urusan domestik rumah tangga maupun mengasuh Si Kecil. Bisa dipastikan mungkin Anda hampir tidak pernah memegang sapu, pel, kain lap, dan ‘teman-temannya’ mungkin ya, Mams. Padahal sesekali meluangkan ‘me time’ selama satu atau dua jam untuk membersihkan rumah ternyata memiliki manfaat baik lho. Kira-kira apa saja ya keuntungan bila Anda menjalankan profesi ‘Si Inem’ itu? Simak yang berikut ini yuk.

1. Membakar kalori
. Apakah Anda termasuk wanita yang malas berolahraga? Jika ya, coba ‘olahraga’ tanpa merasa seperti olahraga sesungguhnya dengan mengepel lantai, menyapu, ataupun mengelap jendela. Tanpa Anda sadari beragam gerakan yang Anda lakukan dengan menggunakan otot lengan, tangan, dan juga kaki Anda ini bisa membantu membakar kalori lho hingga 200 kalori per jam. Dengan kegiatan ini, Anda akan mengeluarkan keringat yang sesudahnya membuat Anda segar lho.

2. Mengurangi stres
. Anda mungkin bertanya apa hubungannya ya membereskan rumah dengan stres? Ternyata erat kaitannya, Mams. Rumah yang bersih dan tertata rapi tentu saja membuat Anda senang kan? Anda tak akan ‘sakit kepala’ melihat barang-barang berserakan atau debu yang menempel di lantai atau kaca jendela. Hal ini kan bisa memicu timbulnya stres bukan? Nah jika rumah tampak bersih tentu saja meminimalisasi timbulnya stres ya.

3. Sarana pelampiasan kemarahan yang sehat
. Kita memang tak bisa menyenangkan semua orang bukan? Demikian juga ada kalanya banyak orang yang menyebalkan dalam hidup kan? Nah, daripada Anda melampiaskan kemarahan itu pada pasangan atau dengan cara yang tak sehat, mengapa tak coba ‘arahkan’ kemarahan Anda pada debu atau bakteri yang mungkin menempel di lantai atau langit-langit rumah Anda? Tak hanya emosi Anda yang mereda, rumah pun jadi bersih dan indah dipandang kan?

4. Membantu Anda berkonsentrasi
. Bila Anda tipe orang yang sulit fokus atau konsentrasi, coba ‘latihan’ dengan membersihkan area tertentu di rumah Anda. Misalnya lantai di dapur yang licin dan kotor akibat tumpahan minyak dan bahan-bahan makanan lain. Gerakan menggosok sebuah area yang sama secara berulang-ulang ternyata bisa membantu meningkatkan daya konsentrasi Anda karena Anda hanya fokus di satu titik iti saja selama beberapa menit nih, Mams. Berguna ya. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares