Beauty & Style

Q&A : Pilihan Minyak Aromaterapi untuk Ibu Hamil

By  | 
Q : Saat ini saya sedang hamil tujuh bulan dan masih sering alami morning sickness. Biasanya hal ini saya siasati dengan mengunyah permen jahe atau mint. Di malam hari biasanya saya tidur hingga larut malam karena susah tidur dan seorang rekan mengatakan agar saya coba menggunakan minyak aromaterapi. Benarkah demikian?
Sherra, 30 tahun, hamil 7 bulan
A : Minyak aromaterapi memang sudah dikenal lama di dunia kecantikan dan berefek positif bila digunakan selama kehamilan. Minyak ini memiliki efek menenangkan, merilekskan, atau membangkitkan mood, tergantung dari jenis minyak yang Anda pilih. Minyak yang bersumber dari batang, daun, atau kelopak bunga ini juga dipercaya dapat menyeimbangkan kondisi hormonal sehingga membuat wanita hamil merasa lebih seimbang dan tenang dalam menjalani proses kehamilan. Meskipun memiliki berbagai manfaat, minyak aromaterapi baru aman digunakan setelah  trimester kedua. Berbagai jenis minyak dapat dipilih untuk diaplikasikan pada bantal, selimut, atau untuk mandi. Akan tetapi, perhatikan aturan penggunaannya juga ya, Mams to be.

Teteskan tidak lebih dari dua tetes pada bantal, selimut, atau sapu tangan supaya Anda bisa menghirup aromanya. Bila digunakan sebagai campuran air mandi, teteskan maksimal empat tetes ke dalam air di bak mandi. Berikut adalah beberapa minyak aromaterapi yang bisa dipilih karena khasiatnya yang luar biasa bagi kehamilan.

  1. Bergamot. Wanginya ringan dan ampuh mengatasi rasa sakit, meringankan depresi selama kehamilan dan setelah persalinan serta meringankan gangguan pencernaan.
  2. Lavender: Merilekskan tubuh dan pikiran, mengatasi sakit kepala dan nyeri otot, dan bisa menyamarkan stretch marks.
  3. Lemon. Untuk meringankan gejala morning sickness, dan bisa digunakan untuk pijat mengatasi varises.
  4. Neroli. Mengatasi masalah pencernaan, mengatasi kecemasan, mengurangi depresi dan fluktuasi emosi, juga membantu ibu hamil tidur pulas.
  5. Rosewood. Membantu ibu hamil lebih tenang dan  tidur lebih nyenyak.
  6. Chamomile. Meringankan nyeri otot, sakit kepala, dan gangguan pencernaan, serta memiliki efek menenangkan.
  7. Eucalyptus: Anti-bakteri, mengatasi batuk dan flu.
  8. Ylang-ylang: Menenangkan dan membantu pikiran untuk fokus di tengah tekanan. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares