Style

Q & A : Memilih Baju Bayi yang Tepat

By  | 

Q : Menjelang kelahiran anak pertama, saya mulai sibuk menyiapkan segala keperluan, salah satunya adalah baju bayi. Saya cukup bingung memilih baju bayi karena takut bahannya tidak cocok dengan kulit bayi, dan takut menyebabkan alergi. Adakah saran atau tip dari Smart Mama memilih baju bayi yang tepat?
Devva, 28 tahun, hamil 8 bulan

A : Memang banyak para ibu membeli baju bayi hanya berdasarkan model, motif, dan warna. Padahal, sebenarnya ada hal penting lain yang jadi pertimbangan dalam memilih baju bayi, seperti kenyamanan, keamanan, dan juga kepraktisan. Dari sisi kepraktisan, ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu kemudahan memakaikan baju pada bayi dan kemudahan mencuci baju tersebut. Dari faktor kesehatan, pastikan bahwa baju tersebut dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak menimbulkan iritasi. Berikut adalah tip memilih baju bayi yang tepat.

1. Keamanan baju. Sebaiknya hindari  membeli baju dengan kancing kecil, bebatuan, atau pita. Ini karena hal tersebut dapat berisiko tertelan oleh bayi jika aksesori tersebut lepas dari baju. Untuk itu pastikan setiap aksesor pada baju bayi terjahit dengan benar.

2. Cek label dan memilih bahan yang nyaman.
Seringkali label yang ada tak diperhatikan. Padahal label yang dijahit di dalam baju dapat memuat bayi menjadi tak nyaman karena bergesekan langsung dengan kulitnya. Salah satu brand yang memerhatikan faktor kenyamanan adalah Libby. Saat ini setiap bajunya sudah memiliki Sertifikasi Internasional OEKO-TEX Standar 100. Dipastikan aman dari zat kimia yang sangat berbahaya bagi bayi, seperti formaldehyde, azo dyes, pestisida, dan logam terekstrasi lainnya.

IMG_1588 email (1)

3. Sesuaikan dengan berat badan bayi. Model baju bayi yang lucu memang sangat menarik, sehingga membuat Anda ingin segera membelinya. Padahal memilih baju bayi yang sesuai berat badan bayi adalah hal yang perlu di perhatikan. Memilih ukuran baju bayi sebenarnya bukan berdasarkan pada usia, karena bisa saja usianya sama tapi ukurannya berbeda karena ada perbedaan berat badan.

4. Model yang praktis. Organ tubuh bayi masih sangat rapuh, seperti bagian kepala yang masih lunak dan tulang leher yang belum kuat menopang. Oleh karena itu, pilihlah baju bayi yang mudah saat digunakan dan juga dilepaskan atau yang praktis. Untuk model yang praktis Anda bisa membeli model terbaru dari brand Libby, Mams. Baru-baru ini Libby merilis koleksi Premium Healthy Sleepsuit dan Premium Healthy Jumper. Modelnya yang stylish dengan warna dan motif menarik juga bisa digunakan saat bepergian.

IMG_1546 email (1)

 (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com. Dok.Libby)

Shares