Health

7 Rahasia Agar Persalinan Lebih Lancar

By  | 

Proses persalinan memang tidak selalu mudah ya. Banyak mamas alami kesulitan melalui proses awal sejak pembukaan pertama hingga akhirnya melahirkan Si Kecil. Tak jarang juga yang menempuh jalan operasi akibat terjadinya beberapa masalah. Nah agar proses persalinan Anda lebih lancar, simak tujuh rahasianya ya, Mamas to be.

  1. Tetap fit. Jaga kebugaran selama masa kehamilan dengan asupan sehat juga olahraga ringan teratur seperti yoga atau jalan kaki. Hal ini akan membantu Anda guna terhindar dari risiko komplikasi. Makan sehat juga olahraga dapat menstabilkan berat badan juga meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan sendirinya janin dalam kandungan juga tumbuh sehat.
  2. Ikuti senam kehamilan. Banyak mamas yang sibuk atau malas mengikuti kelas satu ini. Padahal senam hamil banyak sekali manfaatnya untuk kehamilan hingga proses persalinan nanti. Di kelas ini, Anda akan belajar teknik pernapasan juga beberapa persiapan persalinan sehingga pada saatnya nanti Anda sudah lebih siap.
  3. Cermat memilih makanan ringan. Hindari makanan berlemak sebagai camilan Anda. Pasalnya makanan berlemak akan membuat Anda mual hingga muntah sehingga banyak kehilangan cairan. Sementara menjelang proses persalinan, kontraksi otot dapat menyerap cairan dalam tubuh. Jangan sampai Anda kekurangan cairan saat proses persalinan lho, Mams to be. Maka dari itu sebaiknya Anda memilih camilan segar seperti buah-buahan atau yogurt.
  4. Mandi. Menjelang proses persalinan, tentu Anda menjadi tegang. Agar lebih relaks, coba mandi air hangat yang dapat membuat otot-otot lebih lemas. Hal ini juga memengaruhi kontraksi yang Anda rasakan, jika otot lebih relaks maka rasa sakit akan berkurang.
  5. Pijat. Yang satu ini juga wajib dilakukan ya Mams. Pijat akan membuat Anda lebih santai, peredaran darah juga lebih lancar sehingga proses persalinan terasa lebih mudah bagi Anda. Namun pastikan terapis Anda memang mengerti pijat khusus wanita hamil ya Mams.
  6. Banyak jalan kaki. Kala usia kandungan sudah menginjak trimester ketiga, sebaiknya Anda mulai rajin berjalan kaki. Saran Smart Mama, agar Anda tidak merasa cepat lelah, berjalan kakilah di pusat perbelanjaan. Di sana Anda akan ‘semangat’ melihat produk-produk bayi yang lucu sehingga tak terasa Anda sudah berjalan kaki cukup lama. Hal ini akan mempermudah Si Kecil mencari jalan lahir.
  7. Bila perlu tak ada salahnya menggunakan produk kesehatan. Jika di hari H rasa sakit Anda sudah tidak tertahankan, jangan ragu meminta epidural pada dokter Anda agar Anda dapat meminimalisasi rasa sakit saat mengejan. Hal ini lumrah kok dan dapat membuat proses kelahiran menjadi lebih lancar. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares