Mind

Tanda Anda Harus Berhenti Diet

By  | 

Memiliki bentuk tubuh proposional adalah impian tiap wanita, termasuk Anda juga bukan, Mamas? Sebelum berdiet, sebaiknya Anda perlu memahami kalau tak semua jenis diet cocok bagi semua orang lho. Jadi, jika ingin menurunkan berat badan Anda, saran Smart Mama, sebaiknya konsultasikan dulu hal ini dengan ahli gizi dan susun rencana olahraga yang baik dan benar. Bukannya ikut-ikutan teman mengikuti pola diet yang sedang tren saat ini namun belum tentu baik untuk Anda ya, Mams.

Menjaga berat badan tetap ideal tak hanya baik untuk penampilan namun juga sehat bagi tubuh. Namun cobalah tidak terlalu terobsesi dengan hal ini dan bahkan berharap dapat kehilangan berat badan dalam waktu singkat. Obsesi ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa diet yang Anda terapkan malah justru tidak berhasil.

Jangan sampai dengan menjalankan diet  salah malah membuat tubuh Anda kehilangan nutrisi dan menahan lapar sepanjang waktu. Perhatikan pula bahwa waktu diet juga memiliki batasan. Jika suatu saat Anda merasa gagal dalam berdiet dan sampai membahayakan kesehatan tubuh dan pikiran, maka segera hentikan program diet tersebut ya, Mamas. Berikut ini merupakan beberapa tanda kalau harus segera menghentikan program diet Anda.

  • Anda merasa stres hampir sepanjang waktu tanpa alasan apa pun. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan nutrisi yang cukup, Mams.
  • Merasa kurang berenergi. Jika merasa lelah, bahkan tanpa melakukan apa-apa, artinya diet telah merusak tubuh Anda.
  • Anda merasa terlalu banyak hal yang dibatasi hingga sampai frustrasi dengan aturan diet yang diikuti ini.
  • Bukannya berat badan Anda malah berfluktuasi terus-menerus, berarti ada yang tidak beres dengan diet dan kesehatan tubuh Anda.
  • Anda jadi mudah marah pada orang di sekeliling Anda. Bahkan Anda sampai berbicara dengan nada tinggi dengan orang lain tanpa alasan jelas.
  • Anda merasa tak bahagia dengan hidup Anda.
  • Anda bermimpi tentang burger atau makanan kesukaan lainnya. Ini menandakan kalau Anda merasa sangat kehilangan makanan favorit yang membuat Anda terus kepikiran hingga terbawa ke dalam mimpi.
  • Berat badan Anda berkurang secara drastis. Namun jangan langsung gembira ya, Mams. Karena hal ini tidak sehat sama sekali. Jika ini terjadi, Anda justru harus berhenti diet dan berkonsultasi dengan dokter segera mengenai hal ini.
  • Ketakutan akan obesitas yang terus mengganggu pikiran Anda hingga membuat Anda sampai tidak bisa tidur.
  • Saat menghadiri pesta, Anda tak bisa behenti makan seolah-olah belum makan selama tiga hari.

Jika mengalami hal-hal di atas tadi, segera berhenti berdiet ya, Mamas. Itu menandakan kalau program diet yang dijalani tidak cocok untuk Anda. Cara terbaik adalah berkonsultasi pada ahlinya. Walau berat badan turun hanya sedikit demi sedikit secara bertahap, namun tubuh dan pikiran Anda tetap sehat. Itu yang terpenting bukan, Mamas? (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares