Finance

Kesalahan Finansial Yang Kerap Dilakukan Pebisnis

By  | 

Mengelola keuangan sebuah usaha merupakan salah satu hal yang sering jadi masalah. Banyak usaha kecil yang terpaksa gulung tikar karena salah mengelola keuangan. Walau bisnis Anda masih dalam skala kecil, namun sebaiknya pengelolaan keuangannya tetap jadi perhatian ya, Mams. Berikut beberapa kesalahan yang kerap dilakukan pengusaha kecil yang patut jadi perhatian Anda, Mams.

  • Rencana keuangan. Merencanakan keuangan dimulai dari hari pertama menjalankan usaha akan sangat membantu pengusaha menjaga keuangan bisnisnya dengan benar. Pastikan bahwa uang yang memang Anda alokasikan untuk usaha, benar-benar digunakan untuk hal penting dari bisnis Anda demi meningkatkan keuntungan terbaik atas investasi.
  • Mencampur keuangan bisnis dan pribadi. Kesalahan umum yang sering dilakukan pebisnis pemula adalah mencampur antara keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Sangatlah penting bagi Anda memisahkan antara uang untuk bisnis dan pribadi. Mengapa? Karena Anda nanti akan kesulitan mengetahui berapa keuntungan atau kerugian yang diperoleh.
  • Alur kas tidak jelas. Alur kas yang baik dan jelas sangat dibutuhkan. Sayangnya banyak pengusaha belum memahami betapa pentingnya hal ini. Alur kas yang buruk dalam sebuah usaha dapat melumpuhkan bisnis Anda lho, Mamas. Jadi pastikan bahwa Anda memiliki prosedur ketat dalam mengatur alur keluar masuknya uang kas ini ya.
  • Tak menggunakan jasa akuntan. Banyak pengusaha yang memilih tidak menggunakan bantuan jasa akuntan profesional dengan alasan biaya, padahal dengan tindakan belum tentu juga bisa menghemat biaya usaha. Seorang ahli keuangan dapat melihat bagaimana cara tepat meningkatkan arus kas dan profitabilitas bisnis serta menghemat waktu. Perencanaan dan menyusun laporan keuangan memang sulit dikerjakan dan membutuhkan banyak waktu sehingga menggunakan jasa profesional akan sangat membantu Anda.
  • Sistem pembukuan yang berantakan. Banyak para pengusaha yang baru memulai bisnisnya tak memahami bagaimana mencatat keuangannya. Keuangan dasar seperti omset laba kotor dan bersih, neraca serta arus kas laba dan rugi ini sangat penting. Meskipun Anda memutuskan  menggunakan jasa akuntan professional misalnya, sebaiknya Anda tetap memahami istilah-istilah ini. Pengetahuan penting tersebut sangat diperlukan setiap pengusaha terutama para pemula guna membantu mengelola bisnisnya.
  • Belum memahami pentingnya manajemen keuangan. Banyak para pengusaha yang baru menyadari pentingnya manajemen keuangan setelah alami kondisi keuangan yang buruk pada bisnis yang mereka jalankan. Padahal hal itu jelas sudah terlambat. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares