Pleasure

Berlibur Singkat Ke Pulau Belitung

By  | 

Mamas, akhir minggu apalagi long weekend adalah saatnya Anda mengajak keluarga berlibur ke tempat menarik baik bagi Anda maupun pasangan dan Si Kecil. Pulau Belitung yang terletak di lepas pantai timur Sumatera dapat dijadikan pilihan untukquality time bersama keluarga tercinta, lho. Selain itu, pulau cantik ini juga menyediakan berbagai tempat menarik dan edukatif bagi Si Kecil. Yuk simak!

Penginapan Ramah Anak

Salah satu yang menjadi pertimbangan bagi orangtua saat berlibur adalah mencari penginapan ramah anak, bukan? Pulau Belitung sendiri memiliki cukup banyak tempat menginap dengan fasilitas juga harga bervariatif. Rekomendasi Smart Mama, jika Anda menyukai sesuatu yang unik dan lebih dekat dengan alam, maka Anda dapat memilih Green Tropical Village. Penginapan ini lebih menyerupai villa yang sarat interior kayu yang hangat serta lebih natural. Fasilitas di sini juga cukup lengkap untuk Si Kecil mulai dari kolam renang outdoor yang juga didesain natural, restoran yang menyediakan makanan variatif juga ruang karaoke.

Nah jika Anda dan keluarga lebih menyukai konsep hotel, BW Suite Belitung dapat dijadikan pilihan. Hotel ini didesain minimalis dan memiliki berbagai fasilitas lengkap. Yang menarik, hotel ini berada di tepi pantai, dan kolam renangnya pun menghadap ke arah laut. Dan setiap kamar memiliki balkon privat untuk menikmati udara segar khas pantai.

Aktivitas Seru

Di pulau ini Anda dan Si Kecil tidak akan pernah merasa bosan, pasalnya banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan.

  • Bermain di pantai. Jangan lewatkan untuk menghabiskan waktu dengan snorkeling di pantai Lengkuas yang terkenal. Di pantai yang sangat indah ini, Anda dan Si Kecil dapat melihat clown fish yang lucu berikut ‘teman-temannya’ yang mungkin familiar terlihat di film Finding Nemo. Selain pantai Lengkuas, pulau ini juga masih memiliki banyak pantai yang sayang dilewatkan seperti Tanjung Kelayang, Bukit Berahu Beach, serta Pantai Tanjung Pendam.
  • Laskar Pelangi. Tempat-tempat yang menjadi setting film yang sempat booming tahun 2008, Laskar Pelangi juga menarik dikunjungi lho. Contohnya, bebatuan tinggi yang merupakan ikon film tersebut yang terletak di Pantai Tanjung Tinggi. Selain itu, banyak juga wisatawan yang berkunjung ke SD Muhammadiyah, dan yang unik adalah Museum Kata yang didirikan oleh Sang Penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata. Di Museum ini, Anda akan melihat foto-foto Andrea serta kutipan kata-kata yang inspiratif.
  • Tempat Bersejarah. Pulau ini juga menyimpan berbagai tempat bersejarah yang wajib dikunjungi seperti Rumah Adat Belitung, Museum Tanjung Pandan, juga Monumen Batu Satam yang terbuat dari batu pecahan asteroid.

Wisata Kuliner

Nah, Pulau Belitung juga sangat terkenal dengan aneka makanan lezat lho Mams. Yang harus Anda coba adalah Mie Belitung Atep yang disajikan dengan kuah udang berwarna kecokelatan. Lalu jangan lewatkan seafood yang juga merupakan kuliner khas pulau ini. Konon restoran Berage, restoran Pondok Kelapa serta rumah makan seafood di Pantai Tanjung Tinggi merupakan tempat makan seafood yang sangat digemari. Tak hanya itu, pulau ini juga terkenal dengan kopi dan penganan yang juga lezat. Bagi Anda pecinta kopi, coba cicipi kopi khas Belitung di Warkop Kong Djie yang telah berdiri sejak tahun 1945. Di sini Si Kecil dapat menikmati teh tarik yang tak kalah enak. Selain itu kue bingke yang manis juga patut Anda coba. Selamat menikmati Belitung ya! (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Various)

Shares