Parenting

6 Cara Simpel Agar Setiap Anak Merasa Istimewa

By  | 

Menjadi mama dari beberapa anak memang menyenangkan ya, Mamas. Anda tidak akan pernah merasa sepi, ada-ada saja tingkah laku yang dikerjakan, dan setiap anak memiliki keinginan masing-masing. Namun, di sisi lain tugas Anda sebagai mama juga lebih berat yakni berbagi kasih sayang dan fokus pada mereka sesuai porsinya masing-masing. Nah, agar setiap anak merasa ia istimewa di mata Anda, simak tip berikut yu.

  • Berikan pertanyaan yang fokus pada masing-masing anak. Misalnya bertanya tentang teman sekelasnya dengan spesifik menyebutkan nama Si Anak. Hindari pertanyaan umum yang dapat ditujukan kepada semua anak. Dengan begitu, Si Kecil merasa Anda benar-benar fokus padanya, bukan asal bertanya pada siapapun.
  • Quality time dengan tiap anak. Pergi sekeluarga tentu sudah sering Anda lakukan kan, Mams. Sesekali ajak masing-masing anak pergi berdua saja dengan Anda, dan melakukan aktivitas yang ia sukai, misalnya ke restoran favoritnya atau olahraga bersama.
  • Sentuhan. Meskipun anak sudah relatif besar, tak ada salahnya Anda mencium dan memeluk masing-masing anak saat bangun pagi atau saat akan berangkat ke sekolah. Walaupun tampak simpel tetapi kemesraan tersebut akan selalu diingat setiap anak lho Mams.
  • Perayaan hari istimewa. Saat hari ulang tahunnya tiba, ada baiknya Anda merayakan hari istimewa tersebut untuk masing-masing anak sesuai usia dan keinginannya. Jika anak perempuan Anda ingin pesta bertema princess, mungkin anak laki-laki Anda hanya ingin mengundang teman dekat untuk bermain sekaligus makan bersama di mal.
  • Hargai apapun yang mereka sukai. Setiap anak memiliki karakter serta kesukaan berbeda ya Mams. Apapun kesukaan mereka, ada baiknya Anda ikut menghargai meskipun mungkin Anda tak mengerti mengapa ia menyukai hal tersebut. Penghargaan tersebut akan membuat Si Kecil merasa Anda memang mencintai dirinya.
  • Selalu menatap mereka saat berbicara. Tinggalkan gadget Anda dan lihat mata anak saat ia berbicara dengan Anda ya Mams. Bagaimana ia bisa merasa istimewa jika Anda sibuk sendiri padahal ia berbicara tentang sesuatu yang penting untuk dirinya. Sesibuk apapun sempatkan diri untuk fokus saat ia membutuhkan Anda. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares