Mind

Meditasi untuk Me Time Si Calon Mama

By  | 

Semua calon mama tentunya menginginkan yang terbaik untuk Si Buah Hati, mulai dari memilih asupan makanan hingga berolahraga. Namun, kebutuhan Si Calon Mama ini ternyata tak hanya secara fisik saja, tetapi juga secara psikologis. Emosi Anda sebagai mama turut berperan penting dalam perkembangan bayi lho, Mams to be. Seperti misalnya, ibu hamil yang kerap merasa cemas dan takut akan menghadapi persalinan, cenderung nantinya akan berisiko mengalami depresi atau kerap dikenal dengan baby blues syndrome.

Sangat penting bagi Si Calon Mama untuk tetap santai, tenang, dan bebas dari kecemasan atau stres selama kehamilan. Itu sebabnya sangat penting bagi calon mama untuk melakukan ‘me time’. Salah satu ‘me time’ yang bisa dilakukan adalah meditasi, agar bebas dari stres dan depresi, terutama bagi Anda yang mudah emosional.

Melakukan meditasi selama kehamilan dapat membuat Anda lebih kuat secara emosional dan mental. Anda juga akan lebih memiliki kemampuan menahan rasa sakit selama persalinan. Meditasi kehamilan adalah kemampuan memfokuskan pikiran Anda untuk mencapai keadaan damai, hening, dan relaks, melalui teknik pencitraan dan pernapasan. Bermeditasi selama kehamilan adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk Anda dan bayi Anda karena ketika Anda meluangkan waktu sepenuhnya santai, ini akan meningkatkan pasokan oksigen ke bayi Anda. Waktu yang Anda habiskan selama meditasi juga penting dalam membantu Anda ‘terhubung’ dengan bayi dalam kandungan Anda. Luangkan 15-20 menit setiap hari untuk merawat seluruh tubuh Anda, pikiran dan semangat, untuk melepaskan kekhawatiran dan stres.

Manfaat Meditasi Selama Kehamilan:

  1. Mengurangi stres.
  2. Penurunan produksi adrenalin dan kortisol.
  3. Peningkatan produksi DHEA (dehydroepiandrosterone), yang merangsang produksi limfosit T dan B, sehingga mendukung sistem kekebalan tubuh. DHAE juga membuat Anda merasa lebih baik dan meningkatkan biokimia otak, mencegah kesedihan dan depresi sebelum dan sesudah kelahiran.
  4. Meningkatkan kadar melatonin, sehingga mendukung sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan suasana hati atau mood membaik.
  5. Peningkatan produksi endorfin, yang memiliki efek penghilang rasa sakit yang sangat kuat dalam persiapan melahirkan. Semakin banyak waktu yang dikhususkan untuk praktek meditasi kehamilan, semakin tinggi tingkat endorfin dalam tubuh saat Anda akan bersalin.
  6. Mencegah pre-eklampsia.Meditasi dapat sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah dan denyut jantung, menurunkan risiko kerusakan otak pre-eklampsia, dan potensi prematur.
  7. Menghilangkan emosi negatif, yang jika berkepanjangan dapat memengaruhi perkembangan janin dalam rahim.
  8. Lebih siap menghadapi kontraksi.
  9. Mencegah depresi postpartum.

Latihan Meditasi untuk Kehamilan

Bagi yang belum pernah melakukan meditasi sebelumnya, mungkin ini adalah hal yang sulit, namun seiring Anda sering mencobanya, maka Anda akan semakin mudah melakukannya. Karena itu, sangat penting melakukannya di ruang yang bisa membuat Anda merasa nyaman lho, Mamas to be. Sebisa mungkin, ruang ini harus bebas dari setiap gangguan seperti televisi, telepon, komputer, dan lainnya. Jangan juga melakukannya di tempat yang berkaitan dengan pekerjaan, seperti kantor yang ada di rumah ya. Jika cukup hangat, halaman di luar rumah dapat menjadi tempat yang sempurna untuk bermeditasi. Berikut langkah-langkah meditasi yang bisa Anda lakukan:

  1. Ambil posisi duduk yang nyaman, lalu bernapas dalam-dalam dan hembuskan perlahan.
  2. Perlahan tutup kedua mata Anda.
  3. Ambil napas panjang dan hembuskan perlahan-lahan hingga empat hitungan
  4. Lanjutkan bernapas dengan berfokus pada tiap hirupan dan hembusan napas, Saat Anda menarik napas, rasakan perut Anda berkembang dan ketika Anda menghembuskan napas rasakan perut mengempis, dan lakukan beberapa kali.
  5. Saat Anda menarik napas visualisasikan sebuah energi turun ke perut Anda dan untuk bayi.
  6. Anda bisa memikirkan sedang berkomunikasi dengan bayi dalam kandungan Anda dengan sangat lambat dan lembut. Seperti mengatakan betapa sayangnya Anda pada bayi Anda. Lakukan hal ini beberapa kali dengan kalimat yang intinya mengirimkan energi damai, energi ketenangan, dan cinta kepada bayi di dalam rahim Anda.
  7. Ketika Anda bernapas dalam dan menghembuskannya, cobalah memvisualisasikan cahaya putih dan merah muda yang indah sekitar Anda dan bayi Anda. Biarkan cahaya ini melindungi, membersihkan, dan melingkupi diri dan bayi Anda. Dan rasakan cahaya dan energi tersebut mengalir dan bergerak di dalam dan sekitar tubuh Anda.
  8. Rasakan santai, aman, dan nyaman saat melakukan meditasi ini
  9. Biarkan semua kekhawatiran dan kecemasan Anda tentang kehamilan Anda benar-benar hilang dan Anda merasakan ada kekuatan positif yang mengisi pikiran dan tubuh Anda. Katakan dalam hati pada diri sendiri kalau Anda dan bayi merasa aman, dan sangat mencintainya. Dan kehamilan serta persalinan nanti akan berjalan lancar.
  10. Buka mata Anda dengan lembut, bangun dan kembali ke aktivitas normal Anda sehari-hari.

Lakukan meditasi ini setiap kali Anda merasa cemas dengan kehamilan Anda ya, Mams to be. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares